Mau Mewarnai Rambut di Rumah? Baca Ini Dulu

0
685

Mewarnai rambut membutuhkan tangan-tangan ahli agar hasilnya memuaskan. Apalagi ketika kamu memilih warna yang terang dan perubahan warna yang drastis, harus sangat hati-hati saat melakukan prosesnya.

Sebelum melakukan pewarnaan rambut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apalagi jika kamu tidak memiliki budget besar dan ingin melakukannya sendiri di rumah, banyak yang harus dipersiapkan.

Tampilan apa yang ingin didapatkan?

Sebelum kamu mewarnai rambut, sebaiknya cari tahu dengan baik warna apa yang kamu inginkan. Apakah warna tersebut cocok pada potongan rambut dan bentuk wajah? Hal seperti ini harus kamu pertimbangkan lebih dalam.

Jika ragu, tidak ada salahnya untuk meminta pendapat profesional. Namun jika kamu ingin mengganti warna rambut yang drastis, sebaiknya lakukan di salon profesional daripada di rumah. Karena proses ini membutuhkan banyak bahan kimia yang jika terjadi kesalahan dapat merusak rambut.

Seberapa jelas warna rambut ingin terlihat?

Ada beberapa alasan mengapa orang ingin mengecat rambut. Ada yang hanya ingin menutupi uban, ada pula yang ingin membuat perubahan total. Jika kamu hanya ingin menyamarkan rambut yang sudah memutih, pilih formula yang hanya melapisi bagian luar batang rambut, dan lama-kelamaan akan terhapus oleh proses pencucian.

Namun jika kamu ingin mengganti warna rambut dengan uban yang cukup banyak, gunakan cat rambut dengan kandungan agen alkaline yang rendah (seperti amonia). Kandungan ini dapat membuka kutikula rambut dan memasukkan pigmen ke dalamnya. Cat rambut ini dapat bertahan 4 hingga 6 minggu.

Sedangkan bagi yang menginginkan hasil yang dramatis, cari pewarna rambut permanen yang memiliki agen alkaline tinggi. Dengan bahan ini, pewarna akan menyerap hingga ke korteks rambut. Jenis pewarna ini akan tetap ada, hingga rambut tumbuh memanjang.

Formula seperti apa yang cocok?

Untuk rambut yang tebal, gunakan formulasi foam atau cair yang lebih mudah untuk diaplikasikan. Sedangkan bagi rambut yang halus dan tipis, gunakan tekstur cat rambut krim atau gel.

Kunci mendapatkan warna yang tepat juga didukung oleh seberapa banyak kamu menggunakan produk pewarnaan. Jika rambut kamu pendek dengan tektur yang tipis, cukup menggunakan 1 pak. Namun jika panjang rambut medium dan tebal, gunakan 2 pak.

Bagaimana mengaplikasikannya?

Untuk cat rambut permanen, lakukan setelah satu hari mencuci rambut. Sebum yang terdapat pada kulit kepala dan batang rambut dapat melindungi dari kemungkinan iritasi. Agar kulit di sekitar rambut tidak ikut ternoda, gunakan pelembap petroleum di kulit sekitar rambut hingga ke area wajah.

Setelah kamu mencampur pewarna rambut, lekas gunakan karena formulasi di dalamnya langsung aktif ketika dicampur. Kamu memiliki waktu selama 90 menit, hingga cat rambut tidak lagi bekerja secara optimal.

Jika kamu ingin menyamarkan uban, oleskan dulu cat rambut di area tumbuh uban. Setelah selesai, gunakan penutup kepala (shower cap). Dengan begitu,panas dari area kulit kepala akan membuat kutikula rambut terbuka, dan membuat cat rambut menyerap lebih dalam.

Jika kamu ingin mewarnai lebih terang, mulai dari bagian belakang ke atas, karena warna rambut secara natural lebih terang di bagian mahkota rambut.

Perhatikan waktu dengan seksama. Kelebihan waktu hingga 20 menit tidak membuat cat rambut menyerap lebih dalam, namun akan memberikan hasil yang berbeda dari warna yng diinginkan.

Setelah kamu mencuci rambut yang telah diwarnai, gunakan kondisioner yang terdapat di dalam paket cat rambut. Produk ini memberikan kelembapan terbaik pada rambut, setelah melewati proses kimia yang panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here