Masakan Khas Bali di Putu Made Senayan City

0
136

Pulau Bali tidak hanya kaya dengan pantai, budaya dan wisatanya, namun juga beragam makanan yang memiliki karakter rasa dari bumbu yang unik dan berbeda. Dan kini, ada satu lagi restoran yang menyediakan masakan Bali bernama Putu Made di lantai 5 Senayan City Jakarta. Restoran yang mengusung istilah “Flavors of Bali” ini membawa masakan khas Bali ke Ibukota (Jakarta) dengan rasa yang otentik, namun dikemas dan disajikan dalam restoran dengan interior yang modern.

Masakan khas Bali yang disajikan di Putu Made dikreasikan menggunakan bumbu dan rempah-rempah (dalam bahasa Bali: basa genep) untuk melestarikan filosofi yang terkandung di balik masakan khas Bali itu sendiri yaitu menciptakan rasa asli.

Foto : Putu Made. itjeher.com.
Foto : Putu Made. itjeher.com.

Basa Genep menciptakan rasa yang tepat ddengan menyatukan berbagai bumbu dan rempah-rempah seperti lengkuas, kunyit, jahe, dan kencur. Dan untuk mendapatkan rasa yang pas, Boga Group menggandeng Chef Mandif Warokka yang memang berdomisili di Bali untuk mengkreasikan semua menu yang ada di restoran Putu Made. Chef Mandif dapat menciptakan masakan Bali yang tetap mengusung akarnya, namun disajikan dalam rasa yang bisa diterima dan dinikmati oleh semua kalangan.

Menu utama yang bisa dinikmati di Putu Made antara lain bebek betutu, ayam klungkung, lawar platter, be cumi sambal sereh, sate, rujak udang dan jeruk Bali.

BACA JUGA :

Cara Tepat Memilih Ikan Segar

Resep Sambal Matah Menggoyang Lidah

Mencoba Kuliner Indonesia Timur di Alenia Papua Coffee & Kitchen

Bebek betutu dibuat dari bebek yang dimasak selama 5 jam sehingga bumbu benar-benar meresap sampai ke tulangnya. Jika biasanya bebek dibungkus dengan daun pisang, Putu Made mencoba mempertahankan rasa aslinya dengan menggunakan pelepah pohon palem.

Foto : Putu Made. itjeher.com.
Foto : Putu Made. itjeher.com.

Yang unik adalah cara menyantap bebek yang harus dicampur dengan isian bebek berupa daun singkong yang telah dibumbui. Bumbunya sangat terasa dan dagingnya tidak amis sama sekali. Saking lembutnya daging, kita dapat dengan mudah melepaskannya dari tulang. Agar lebih segar, bebek betutu harus disantap bersama sup Komo yaitu sup yang dibuat dari perpaduan kaldu ayam dan kaldu bebek. Rasanya asin menyegarkan.

Jangan lupa mencoba makanan pemanisnya berupa klepon dan pisang rai yang dimasaknya menggunakan api dari sabut kelapa. Sabut kelapa digunakan agar aroma masakan yang dihasilkan lebih harum. Selamat mencoba !

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here