Menyesap Kopi Gayo Khas Aceh

0
963
Kopi Gayo. Itjeher.com

Indonesia adalah salah satu negara yang terkenal dengan beragam biji kopi, salah satunya adalah Kopi Gayo khas Aceh. Kopi ini, tak hanya terkenal di nusantara, namun ternyata telah menyentuh pecinta kopi di area Uni Eropa.

Kopi Gayo adalah biji kopi yang ditanam di dataran tinggi. Kopi ini terkenal berasal dari Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues. Ketiga daerah inilah yang memiliki kurang lebih 60 varietas kopi Gayo.

Dari antara varietas ini, telah dilepas dua varietas yang ternyata mendapat sambutan hangat di pasar kopi dunia. Dengan ciri khas memiliki rasa yang tidak konsisten, kopi ini justru mencuri perhatian banyak orang. Rasa yang beragam tersebut disebabkan karena cara budidaya biji kopi yang beragam. Hal ini yang kemudian membuat karakteristik fisik dan cita rasa yang berbeda. Aroma yang pekat, bercampur lezat dengan kekentalan dan rasa pahit asam dari kopi ini.

Tak heran, salah satu pengusaha asal Afrika, Paul Du Plessis, melirik keistimewaan kopi ini hingga rela datang dan melihat langsung proses pembuatan biji kopi hingga menjadi minuman yang berkualitas tinggi.

BACA JUGA:

Agar Steak Terasa Empuk dan Lezat, Ini Tipsnya

Heboh Rendang Crispy, Yuk Coba Bikin Keripik Rendang Ini di Rumah

VONG Kitchen New York kini Hadir di Jakarta

Ia tak hanya datang sendiri, Paul turut membawa jurnalis, fotograger dan videografer untuk mendokumentasikan cara membuat dan proses pertumbuhan dari biji kopi tersebut di dalam sebuah film dokumenter. Tujuannya, agar ia dapat memperkenalkan kepada masyarakan Afrika Selatan, seperti apa biji kopi Gayo dengan kualitas terbaik dapat dihasilkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here