Wisata Kuliner Cirebon Wajib Coba

0
467
Tahu Gejrot, Sumber Foto: proleevo.wordpress.com. Itjeher.com

Selain terkenal dengan batik, Cirebon juga piawai dengan wisata kuliner yang menggoda. Sebagai salah satu kota terkenal di Jawa Barat, Cirebon terkenal dengan aneka jajanan dan juga oleh-oleh yang banyak digemari.

Jika libur Lebaran ini kamu berencana ke sana, berikut lima referensi wisata kuliner wajib coba di kota udang ini.

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang adalah salah satu makanan khas Cirebon yang terkenal. Nasi ini semacam nasi campur, nasi putih yang dimakan dengan berbagai macam lauk pilihan yang tersedia. Yang bikin unik, nasinya dibungkus dengan porsi kecil-kecil menggunakan daun jati. Ada banyak sekali penjual nasi jamblang di kota Cirebon. Kamu bisa mencoba di Jamblang Pelabuhan dan Jamblang Ibu Nur.

Empal Gentong

Empal Gentong sering disebut sebagai hidangan soto khas Cirebon. Empal Gentong menggunakan kuah santan kuning yang gurih, sedangkan Empal Asem yang biasa dijual bersama biasanya kuahnya bening dengan cita rasa segar karena belimbing wuluhnya. Gerai Empal Gentong yang terkenal ada di Haji Apud dan Mang Dharma.

Nasi Lengko

Nasi Lengko adalah sajian nasi putih yang dilengkapi dengan taburan toge, kucai, tempe dan disiram kuah kacang dan kecap. Menu ini sangat cocok bagi kamu yang vegetarian. Sama seperti nasi jamblang, penjual nasi lengko di Cirebon juga ada banyak. Kamu bisa coba Nasi Lengko yang enak di Jalan Pagongan.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot ini bisa dibilang cemilan khas Cirebon, berupa tahu goreng tawar yang dipotong-potong kemudian disiram bumbu. Bumbu ini yang menjadi kunci kelezatan tahu gejrot  karena campuran bawang, cabai, air gula merah dan asam jawa yang menggoda. Jika ingin wisata kuliner tahu gejrot ke Cirebon, kamu wajib coba di Pasar Kanoman tepatnya di depan gerai Sinta Manisan.

BACA JUGA:

Tak Bingung Pilih Burger atau Sushi di Burgushi

Berburu Macam-Macam Katsu di Katsutoku Senayan

Presentasi Makan Unik di The Seafood Tower Pantai Indah Kapuk

Bubur Sop

Dari namanya mungkin sudah bisa ditebak kalau bubur sop ini bubur nasi yang disiram dengan kuah sop. Rasanya pun memang seperti makan bubur ayam yang dikombinasikan dengan soto ayam. Kamu wajib coba bubur sop tulang daging di area Sumber bernama Bubur Sop Mang Dul. Hidangan ini amat pas untuk kamu yang ingin wisata kuliner Cirebon di malam hari.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here