Coba Aneka Makanan dan Minuman Segar khas Surabaya

0
801

Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, tidak hanya terkenal sebagai kota Pahlawan karena sejarahnya. Namun kota yang terletak di pantai utara Pulau Jawa bagian timur dan berhadapan dengan Selat Madura serta Laut Jawa ini juga memiliki segudang jajanan yang menjadi destinasi kuliner dari berbagai lapisan masyarakat.

Bila kamu ingin berkunjung kesana, jangan lewatkan 5 makanan dan minuman segar berikut ini :

  1. Warung Mapan Surabaya

Yang favorit disini adalah mie ayam geprek yang merupakan menu terbaru dari restoran di jalan Kusuma Bangsa 50, Surabaya. Namun buat kamu yang tidak suka pedas, mie ayam ini mungkin tidak sesuai karena rasanya sangat pedas. Kamu bisa mencoba menu lain seperti siomay goreng, bakwan sayur atau sup babat.

Instagram : @warungmapan

foto : instagram/nongkrong_surabaya. itjeher.com.
  1. Sop Kikil Sapi Lodoyo

Bagi pecinta kuliner yang menginginkan olahan kikil yang lebih pedas coba sesekali ke Lontong Kikil Sapi Lodoyo Pucang. Kuahnya lebih merah dari kebanyakan lontong kikil biasanya.Seperti olahan lontong kikil biasa, lontong kikil Lodoyo Pucang juga dilengkapi dengan irisan daun kucai yang jumlahnya banyak. Tak lupa tulang sapi dan lontong sebagai hidangan pendampingnya. Berlokasi di Jalan Pucang Anom Timur No.32, Kertajaya, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. Buka pukul 17.00–23.00 WIB dengan harga satu porsi Rp 22 ribu.

foto : instagram/nongkrong_surabaya. itjeher.com.
  1. Bakwan Sowan

Bakwan adalah makanan khas kota Surabaya. Biasanya disajikan dengan siomay basah, tahu isi dan kuah panas yang ditaburi bawang goreng serta daun bawang. Namun yang berbeda disini adalah, disajikan bersama nasi serta sambal yang ditabur diatasnya.  Oh iya, bakwan sowan ini bisa buat oleh-oleh teman dan keluarga loh ! lihat informasinya di instagram @bakwan.sowan.

foto : instagram/nongkrong_surabaya. itjeher.com.
  1. Es Dawet Kudus

Minuman segar dan hidangan penutup yang satu ini jangan dilewatkan. Gerai Es Dawet Kudus yang terletak di jalan Manyar Kertoarjo, Surabaya, tidak pernah sepi pengunjung. Dengan harga Rp. 6000,- diramaikan oleh dawet, santan, tape, susu dan serutan es batu serta gula merah (Jawa). Begitu gula dituangkan ke dalam gelas dawet, diaduk-adukpun gula tak lekas melarut. Yang istimewa disini, manis gula (Jawa) nya khas dan berbeda. Tentunya ini yang membuat banyak orang ketagihan.

foto : instagram/nongkrong_surabaya. itjeher.com.
  1. Serabi Petulo Bu Siti

Serabi Petulo Ketan ini berbeda karena gabungan antara serabi yang terbuat dari tepung beras dan ketan susu. Sangat nikmat dimakan ketika hangat dan tidak hanya sebagai hidangan penutup karena Serabi Petulo Ketan ini sangat mengenyangkan. Lokasi di jalan Frontage Silawankerto, Surabaya, dan hanya buka jam 4 sore hingga 7 malam. Untuk memesannya di nomor telepon 081619988265.

foto : instagram/nongkrong_surabaya. itjeher.com.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here