Mencoba Kedai Kopi Kong Djie yang Legendaris di Belitung

0
742

Salah satu kedai kopi yang banyak dituju oleh para turis di Tanjung Pandan, Belitung Barat adalah Kong Djie yang terletak di jalan Siburik Barat, Tanjung Pandan.  Kondisi bangunannya sederhana, yakni terdapat empat ruangan kecil yang masing-masing berukuran sekitar 3×4 meter.

Berdiri sejak tahun 1943, kedai kopi ini dimiliki oleh lelaki berdarah Tionghoa yang merupakan perantau asal Pulau Bangka, bernama Ho Kong Djie. Selama ini, ia menggunakan bahan baku kopi dari pulau Jawa dan Sumatera. Kong Djie memang bukan pertama yang berdiri di Belitung, namun menjadi kedai satu-satunya yang mempertahankan keotentikan cita rasa dan suasana ngopi sejak tahun 1940-an itu.

Foto : Instagram. itjeher.com.

BACA JUGA :

Ini Waktu yang Tepat Minum Kopi

Kitkat Rasa Mie Goreng Buat Dahi Mengernyit

Rahasia Kong Djie sukses hingga sekarang adalah karena masih mempertahankan ceret tinggi berisi biang kopi yang khas kopi zaman dulu. Meski bahan ceret kini diganti alumunium yang lebih ringan ketimbang tembaga, itu tidak mengubah cita rasa.  Ada tiga ceret di kedai Kong Djie, satu ceret tinggi sekitar satu meter dan dua ceret lain yang berukuran separuhnya.

Menurut anak Ho Kong Djie bernama Ishak Holidi yang menjadi penerus usaha kedai ini, membuat kopi harus dengan air yang benar-benar mendidih untuk menyeduhnya. Kalau tidak, kopi bisa bau apek. Selain itu, di kedai ini memakai campuran antara kopi Arabika yang beraroma wangi namun asam dan kopi Robusta dari Jawa dan Sumatera, ditambah beberapa resep tradisional rahasia keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here