Kesalahan Saat Masak Makanan Sehat

Mengubah gaya hidup sehat juga diikuti dengan mengonsumsi makanan sehat. Karena itu, banyak orang yang memasak sendiri di rumah, untuk menjaga asupan dan nutrisi dengan benar dan baik. Namun tidak sedikit orang yang melakukan kesalahan saat mengolah makanan tersebut.

Maksud hati ingin menyajikan makanan yang sehat dan bernutrisi, namun tak disangka cara pengolahan yang salah justru membuat hidangan jadi hilang kandungan vitaminnya.

Hindari beberapa kesalahan mengolah makanan yang sehat berikut ini

Menggoreng dengan minyak zaitun

Minyak zaitun, terutama virgin olive oil akan berubah komponen ketika dimasak dengan suhu yang amat tinggi. Karena itu, sebaiknya jangan gunakan minyak jenis ini untuk memasak makanan, lebih baik gunakan minyak zaitun untuk celupan roti atau salad dressing.

Merebus sayur terlalu lama

Menghindari minyak, banyak orang memilih metode rebus untuk mengolah makanan. Namun, merebus sayur dapat membuat sayuran kehilangan nutrisi sebesar 40 hingga 50 persen. Maka itu, sebaiknya gunakan teknik blanching saat mengolah sayur. Teknik ini merebus sayur namun tidak menggunakan waktu lama. Cukup lakukan beberapa saat, lalu sayur langsung diangkat dan direndam ke mangkuk air dingin. Proses dimasukkan di air dingin berfungsi menghentikan proses pematangan sayuran, sehingga nutrisi dalam sayur tetap bertahan.

Mencairkan daging beku dengan air

Banyak orang mencairkan daging beku dengan direndam di air, atau disiram air wastafel. Padahal, ketika daging berubah ke suhu ruang, bakteri justru tumbuh subur di atasnya. Sebaiknya, keluarkan daging saat malam sebelum diolah di pagi hari, biarkan meleleh sendiri hingga siap diolah sebagai makanan sehat.

More Stories
Pilihan Tas Kerja, Foto Gucci, Clare V, Mansur Gavriel. Itjeher.com
Pilihan Tas Kerja yang Tak Membosankan Ada di Sini!