Tips Mengurangi Sampah Makanan

0
488
Mengolah Sampah Makanan. itjeher.com
Mengolah Sampah Makanan. itjeher.com

Akhir-akhir ini isu pengolahan sampah telah menjadi topik panas yang membutuhkan kesadaran banyak orang. Namun, selain sampah plastik, ternyata sampah makanan juga ternyata juga butuh diperhatikan.

Menurut banyak sumber, hari raya seperti lebaran, tahun baru, dan juga natal, menghasilkan sampah makanan yang amat banyak. Hal ini sungguh ironis, karena di satu sisi amat banyak orang yang kekurangan gizi karena kelaparan.

Maka itu, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah makanan, terutama di hari besar. Simak paparannya berikut ini.

BACA JUGA:

Ini Penyakit yang Menyerang Tubuh Saat Makan Berlebih di Bulan Puasa

Resep Nugget Ikan Untuk Bekal Si Kecil

Persiapkan porsi yang cukup

Sebelum menyiapkan hidangan untuk menyambut tamu, sebaiknya rencanakan porsi sesuai jumlah tamu yang datang. Jika kamu ingin menyediakan porsi lebih untuk cadangan, sebaiknya jangan terlalu banyak agar tidak terbuang.

Simpan

Jika ada makanan sisa sebaiknya simpan di tempat tertutup agar bisa dikonsumsi kembali. Pastikan kamu menyimpan di tempat yang bersih agar makanan tidak cepat basi.

Olah kembali

Selain bisa dikonsumsi lagi, sisa makanan yang disimpan bisa kamu olah kembali menjadi menu lain. Misalnya jika kamu memiliki sisa ayam goreng, kamu bisa mengolah kembali menjadi soto ayam, atau nasi goreng dengan daging ayam.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here