Cara Melelehkan Cokelat Valentine Paling Tepat Menurut Chocolatier

0
2646
Foto : Pixabay itjeher.com
Foto : Pixabay itjeher.com

Membuat cokelat sendiri di hari Valentine akan memberi makna lebih bagi sang penerima. Namun walau terlihat mudah dan sesederhana melelehkan cokelat lalu mencetaknya di tempat yang baru, membuat cokelat untuk terlihat lezat ternyata butuh usaha.

Chocolatier Jacques Torres yang merupakan anggota dari International Culinary Center Community tentu sudah sangat khatam dengan cara membuat cokelat. Menurutnya bagian terpenting adalah dari mula cokelat tersebut dibuat, yaitu saat melelehkannya.

Demi membuat cokelat valentine yang sukses, ikuti cara melelehkan cokelat menurut Jacques Torres ini!

BACA JUGA :

Mencari Tahu Shio yang Beruntung di Tahun Babi Tanah

Berkenalan dengan Ci Cong Fen dari Medan

  1. Gunakan dua panci untuk melelehkan cokelat dengan cara kukus tradisional. Letakkan panci tempat cokelat di atas panci yang bersentuhan dengan kompor, tapi pilih panci yang tepiannya bisa menyangkut di panci kukusan sehingga air yang diisi di panci kukusan tidak mengenai bagian bawah panci tempat cokelat.
  2. Isi panci tempat cokelat sebanyak 2/3 ukuran panci. Jangan lupa untuk memotong-motong cokelat sebelum diletakkan.
  3. Gunakan spatula bermaterial silikon untuk mengaduk cokelat, aduk dengan perlahan sampai cokelat meleleh dan mencapai suhu 100 derajat celcius.
  4. Angkat panci, lalu terus aduk cokelat di dalamnya.
  5. Ketika cokelat perlahan lebih dingin, cokelat di tepian panci akan mulai menjadi kristal, campur bagian tersebut dengan cokelat yang masih meleleh di tengah panci menggunakan spatula.
  6. Segera cetak cokelat, dan masukkan ke kulkas. Kamu siap menunggunya beku dan mengemas untuk dijadikan hadiah valentine paling spesial!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here