Mencoba Sate Rembiga di Lombok yang Berbeda dari Sate Lainnya

0
3421
Sate Rembiga Lombok
Sate Rembiga Lombok

Bila berlibur ke Lombok, wajib mencoba makanan yang satu ini. Sate Rembiga yang terbuat dari sapi empuk ini memiliki resep yang khas dan legendaris. Nama Rembiga sendiri berasal dari nama sebuah kelurahan di Selaparang, Mataram, Lombok.

Yang berbeda disini adalah daging sapinya berasal dari sapi lokal Lombok yang hidupnya liar di padang rumput, bukan dikandangin. Mereka makannya rumput segar, bukan rumput kering atau pakan ternak. Dagingnya konon lebih manis dan seratnya lebih halus. Dipilih tanpa lemak dan ditumbuk dulu agar empuk dan lebih meresep bumbunya.

BACA JUGA :

Mengapa Es Krim Selalu Digemari?

Mencicipi Baklava, Pencuci Mulut Asal Turki

Sate Rembiga Lombok
Sate Rembiga Lombok

Setela itu daging sapi berkualitas baik ini dimarinasi (direndam) dengan bumbu yang kaya rempah-rempah. Yaitu campuran cabe merah, kemiri, terasi Lombok, dan gula. Uniknya lagi, pelengkap sate berupa lontong dibungkus daun pisang berbentuk kerucut.  Saat dibuka, warna permukaannya agak kemerahan atau kehijauan, serta wangi daun pisang.

Ada satu warung Sate Rembiga yang menjadi andalan disana. Yaitu Rumah Makan Sate Rembiga Ibu Sinnasih, di Jalan Wahidin Sudirohusodo No. 11B, Desa Rembiga, Mataram yang merupakan rumah makan sate rembiga pertama.

Sudah buka sejak tahun 1990-an, lokasi yang sekarang adalah lokasi baru tapi masih di Rembiga. Dan kamu bisa makan sekenyangnya dengan hanya Rp. 20.000,- saja. Yuk Coba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here