Mencoba Rujak Natsepa yang Wajib Kamu Coba di Ambon

0
2115
Rujak Natsepa
Rujak Natsepa

Salah satu yang menarik perhatian di kota terbesar di Maluku, Ambon, adalah kulinernya. Dari  papeda, colo-colo, bubur ne hingga ampas terigu, wajib kamu coba bilang berlibur kesana. Dan ada satu lagi yang selalu diserbu oleh para wisatawan disana, yaitu rujak Natsepa.

Tak jauh beda dengan lainnya, rujak ini terdiri dari irisan buah segar, seperti kedondong, mangga, belimbing, jambu air, pepaya, hingga nanas. Cara pembuatan rujak buah ini sangat sederhana. Awalnya, bumbu rujak Natsepa di ulek di atas cobek besar. Bumbunya istimewa, berupa kacang goreng yang dihaluskan bersama gula aren, asam, dan garam.

BACA JUGA :

Mencoba Sate Rembiga di Lombok yang Berbeda dari Sate Lainnya

Mengapa Es Krim Selalu Digemari?

Rujak Natsepa
Rujak Natsepa

Yang membuat rujak Natsepa disukai banyak orang adalah tambahan ubi jalar, pala dan pangkal buah belimbing di dalamnya. Soal rasa, tentu saja manis, pedas, asam yang bikin ketagihan. Rasa manis memang mendominasi, namun gula merah yang menjadi unsur utama bumbu kacangnya terasa lebih legit dari gula merah yang umum.

Hanya ada tiga tempat yang terkenal menjual rujak ini, yaitu Pantai Tapal Kuda, Benteng Amsterdam, dan Pantai Natsepa sendiri. Harga yang dijual sekitar Rp 10.000,- hingga Rp. 15.000,- . Dan uniknya, para penjual rujak ini adalah kaum wanita. Menurut penduduk setempat, hal ini terjadi karena merupakan tradisi turun-temurun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here