Langkah Mudah Membuat Hidangan Ketupat

0
5070
Langkah Mudah Membuat Ketupat. Itjeher.com
Langkah Mudah Membuat Ketupat. Itjeher.com

Hidangan ketupat telah menjadi salah satu sajian wajib ketika Lebaran. Rasanya, Hari Raya tidak akan sah tanpa kehadiran makanan yang satu ini. Jika biasanya banyak orang yang memesan ketupat, ternyata makanan ini tidak terlalu susah untuk dibuat sendiri.

Yang penting, kamu harus memerhatikan beberapa hal penting agar ketupat berhasil dibuat. Berikut beberapa langkah yang harus diperhatikan.

BACA JUGA:

Kolaborasi Serena Williams dan Virgil Abloh

Aktor Stranger Things Finn Wolfhard Jadi Wajah Baru Saint Laurent

Pilih selongsong yang rapat dan rapi. Jika renggang atau tidak terajut rapi, otomatis bahan ketupat akan keluar dan bisa menempel ke ketupat yang lain. Selain itu, jangan lupa memilih beras yang tidak kalah baik. Karena jika beras kotor akan membuat sajian ketupat tidak tahan lama. Sebaiknya, rendam beras terlebih dahulu selama 30 menit hingga satu jam.

Jangan isi penuh anyaman ketupat. Sebaiknya, isi hingga ¾ bagian saja dengan beras agar beras di dalam anyaman dapat matang dengan rata. Pastikan memasak ketupat kurang lebih empat hingga lima jam untuk ketupat yang matang dengan rata. Setelah matang agar tidak cepat basi, sebaiknya gantung ketupat di tempat memiliki aliran angin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here