Mencoba Lemang Kantong Semar dari Kerinci yang Nikmat

0
845

Buat kamu yang gemar beras ketan, Lemang Kantong Semar yang merupakan makanan tradisional dari Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, memiliki rasa yang sangat gurih. Pada dasarnya, kuliner ini adalah olahan beras ketan, santan dan garam.

Dalam bahasa lokal disebut kancung beruk lemang. Pada proses pembuatan, bahan pokoknya dibungkus dengan tanaman kantong semar. Nanti, disajikan bersama gulai. Biasanya, hidangan tersebut hanya disajikan pada momen istimewa seperti kenduri adat.

BACA JUGA :

Pilihan Biji Kopi Indonesia yang Telah Mendunia

Festival Kuliner Tahunan Bandung, Keuken, Hadir Kembali

Lemang Kantong Semar biasanya disantap sebagai pengganti nasi yang disajikan dengan siraman kuah gulai atau kacang. Para penggemar rasa manis, mencampurkan kuliner ini dengan kuah srikaya juga bisa menjadi alternatif pilihan.

Yang istimewa, Lemang Kantong Semar pernah membawa Kabupaten Kerinci menjadi pemenang dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia II 2017 dalam kategori makanan tradisional terpopuler. Dan dengan penghargaan ini, masyarakat Kerinci bertekad untuk selalu melestarikan Lemang Kantong Semar dari generasi ke generasi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here