Kue Modern Rasa Lokal

0
1113

Ketan hitam, tape bakar hijau, pisang ijo, es teler dan pisang kapiak adalah kuliner khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang kuat. Untuk melestarikan budaya dari makanan itu sendiri, hadir berbagai bentuk makanan pencuci mulut yang diadaptasi dari dessert ala barat dengan tampilan yang menggugah selera. Seperti aneka cake dibawah ini yang dihadirkan oleh berbagai restoran di Jakarta.

1.    Kue Es Teler

Kue dengan elemen yang lembut ini rasanya seperti sedang memakan es teler. Buah alpukat yang menjadi lapisan atas dan pinggir kue memberi sensasi tersendiri. Dilengkapi buah nangka, kelapa muda dan nangka sangat menyerupai minuman segar pencuci mulut asal Semarang,  Jawa Tengah.

Dapat diperoleh di : AMKC Atelier – Plaza Indonesia, lantai 1 , Jalan M.H Thamrin, Jakarta.

2.    Macaron Ketan Hitam dan Tape Bakar Keju

Pencuci mulut asal Italia, macaron, kini menambah variasi rasa. Khususnya di Jakarta, rasa krim yang ada di dalam macaron terdapat rasa bubur ketan hitam dan tape bakar keju khas tradisional Indonesia. Bubur ketan hitam yang memiliki cita rasa manis, terbuat dari beras ketan yang merupakan cemilan khas pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Timur.  Sedangkan tape bakar yang berasal dari Bondowoso, Jawa Timur, juga memberi cita rasa unik pada cemilan ringan berwarna cerah ini. Tekstur luarnya yang renyah terbuat dari almond bubuk, gula tepung dan putih telur.

Dapat diperoleh di : Gaia Café – Jalan Raya Kemang no.27A, Jakarta Selatan.

3.    Kue Pisang Kapiak

Pisang kapiak adalah pisang kapok bakar yang dibuat unik dengan cara dibakar di atas bara arang batok kelapa. Makanan pencuci mulut asal Bukittinggi, Sumatera Barat, juga dihadirkan modern dengan tambahan kelapa dan gula merah dari Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Dapat diperoleh di : Nusa Indonesian Gastronomy – Jalan Kemang Raya No. 81, Jakarta Selatan

4.    Kue Es Pisang Ijo

Es pisang ijo asal Makassar, Sulawesi Sulatan, juga menjadi pilihan dessert yang melezatkan. Dengan bentuk chiffon cake yang bertabur pisang, es serut dan bubur sumsum,  memiliki rasa yang sama dengan es pisang ijo asli.

Dapat diperoleh di : AMKC Atelier – Plaza Indonesia, lantai 1 , Jalan M.H Thamrin, Jakarta.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here