Aneka Jajanan Di Cirebon

0
785

Kota Cirebon hanya berjarak sekitar 200 KM dari Jakarta, bisa ditempuh dengan menggunakan kereta api selama 3 jam atau dengan mobil selama 4 jam. Dengan jarak yang tergolong dekat, kalian bisa mampir ke kota ini dan mencicipi kuliner khas Cirebon yang nikmat, selain berbelanja batik tentunya.

4 kuliner ini wajib kalian coba ketika di Cirebon. Kuliner ini bisa ditemukan di banyak tempat disana, namun ada beberapa yang terkenal dan favorit dikunjungi wisatawan. Soal rasa, tentunya kembali ke selera masing-masing orang. Yuk, kita lihat kuliner apa saja yang ada di Cirebon.

Empal Gentong

Makanan khas yang paling dicari di Cirebon adalah empal gentong. Empal gentong memiliki kuah bersantan warna kuning seperti soto yang pada awalnya dimasak di gentong, makanya disebut empal gentong. Isi pada umumnya berupa empal yaitu daging sapi, namun ada juga yang menawarkan campuran seperti paru, babat, dan iso. Biasanya di rumah makan ini juga akan dijual sate kambing juga. Harga seporsi empal gentong sekitar Rp 30.000. Di sepanjang jalan Djuanda ada beberapa rumah makan empal gentong, diantaranya adalah Haji Apud dan Amarta.

Nasi Jamblang

Disebut nasi jamblang karena nasi dibungkus dengan daun jamblang dan porsinya agak kecil. Kalian dapat memilih sendiri lauknya. Lauk yang tersedia mulai dari pindang cumi, sate kikil, telur, tahu, ayam, gorengan, dan tentunya kerupuk. Kemudian ditambahkan sambal merah. Untuk harga bervariasi, tergantung dari lauk yang diambil. Yang terkenal di Cirebon adalah nasi jamblang Mang Dul dan Bu Nur.

Nasi Lengko

Nasi lengko adalah nasi yang terdiri dari potongan tahu, tempe,  toge, kucai, dan bumbu kacang. Seporsi nasi lengko harganya Rp 12.000 di Pagongan, yaitu salah satu nasi lengko yang terkenal. Untuk lauk di Pagongan  bisa memesan tambahan sate kambing. Di tempat lain, ada yang menyediakan lauk ayam, empal, dan lainnya untuk tambahan nasi lengko.

Tahu Gejrot

Tahu kulit yang dipotong-potong kemudian diguyur kuah berbumbu. Kuah inilah yang menjadi khas si tahu gejrot. Kuahnya terbuat dari gula merah, cabe, garam, bawang putih dan bawang merah dengan sedikit asam. Porsinya yang kecil, cocok untuk makanan pembuka atau sekedar camilan.

Kopi Khas Indonesia

Ada coffee shop di pusat kota yang tempatnya nyaman, namanya Baraja Coffee, letaknya di jalan Tentara Pelajar No.107, Pekiringan, Kejaksan, Cirebon. Mereka menyangrai   biji kopi sendiri, dan khusus  menyediakan kopi asli khas dari berbagai daerah di Indonesia. Lokasi sangat strategis, tempat nyaman, dan harga terjangkau. Ada congklak dan buku-buku bacaan di sini, jika ingin menghabiskan waktu untuk menunggu kereta atau menunggu jalanan tidak terlalu macet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here