Anti Mubazir, Cara Menata Dapur jadi Rapi

0
727

Ruangan rumah yang lain boleh minimalis, tapi khusus untuk bagian dapur bagaimanapun semua perabotan terasa esensial. Menata dapur jadi hal yang wajib, agar semua hal mudah terjangkau dan tidak terbuang sia-sia karena kadaluwarsa.

Maklum saja, untuk urusan perut memang tak boleh tawar menawar. Walau demikian bukan berarti dapur dibiarkan berantakan begitu saja.

Dari kulkas hingga lemari dapur, ini dia cara merapikannya!

  1. Wadah Transparan

Kulkas sangat berpotensi jadi tempat menimbun makanan karena fungsinya yang bisa membuat makanan lebih awet, membuat kita acuh dengan tanggal kadaluwarsa. Tanpa sadar makanan yang punya daya tahan cenderung singkat tiba-tiba ditemukan membusuk di dalam kulkas. Kamu tak perlu membuat label nama pada wadah kotak tempat bahan makanan di dalam kulkas. Yang kamu butuhkan adalah memilih wadah tembus pandang untuk menyimpannya. Dengan menyimpan bahan makanan di kotak kaca (untuk pilihan lebih ramah lingkungan), semua hal yang kamu simpan bisa langsung terlihat dan isi di dalam kulkas tidak berantakan

  1. Hindari Menimbun

Saat sedang diskon, biasanya sulit menahan diri untuk membeli lebih dari yang dibutuhkan. Selalu ingat jika makanan punya masa pakai dan lebih baik jika selalu membeli yang segar. Jika makanan tersebut memang terbukti selalu terpakai dan sulit ditemukan dimana-mana. Batasi diri untuk menyimpan tak lebih dari 2 jenis bahan makanan.

  1. Kelompokkan

Selalu buat kelompok makanan yang sama baik di kulkas maupun di lemari dapur. Cara ini membuat kamu lebih gampang mengingat letak suatu barang. Untuk di kulkas, tentunya cara ini mencegah bau satu makanan lain berpengaruh dengan makanan lainnya. Misalnya es krim yang diletakkan di samping daging ayam beberapa lama pasti akan terpengaruh baunya.

  1. Putuskan Pilihan Menu

Selalu buat menu masakan berdasarkan apa yang ada di dapur, terutama bahan makanan yang tersedia lebih banyak dari yang lainnya. Jika kamu memutuskan untuk membeli spaghetti dalam jumlah banyak misalnya, langsung putuskan untuk mengolah spaghetti tanpa menunggu waktu yang lama. Jangan sampai kamu harus melewati kegiatan belanja di bulan depan, menghindari bahan baru lainnya masuk ke lemari, dan membuat spaghetti terlupakan begitu saja.

  1. Menumpuk

Usahakan untuk memiliki peralatan makan maupun wadah makanan yang berukuran sama. Dengan mangkok dan piring yang berukuran sama, kamu jadi lebih mudah menumpuknya sehingga tak menghabiskan ruang. Begitupun wadah makanan seperti kotak bekal, daripada menutupnya satu per satu lalu menumpuknya, lebih baik menyatukan bagian wadah dengan wadah, dan tutup wadah dengan tutup wadah. Lebih bersih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here