Wisata Kuliner ala Pecinan di Kota Bandung

0
1518

Sebenarnya wisata kuliner ala pecinan di Kota Bandung bukanlah hal yang utama. Mengingat Bandung tidak memiliki daerah yang dinamakan kawasan pecinan. Sejatinya, daerah yang disebut kawasan pecinan di kota Bandung bukanlah definisi kawasan pecinan sesungguhnya, dimana masyarakat keturunan Cina berbudaya dan berkehidupan. Di masa kolonial dahulu, Bandung yang sejuk adalah kota peristirahatan dan singgah para pedagang, hingga kawasan pecinan sesungguhnya adalah pusat kawasan niaga. Tapi tetap saja, aura pecinan mendominasi kawasan niaga ini.

Kuliner khas pecinan bisa ditemui di sekitar jalan Sudirman dan Cibadak Bandung. Kawasan yang dinamai Sudirman Street ini menyajikan berbagai wisata kuliner tumbuh di antara bangunan-bangunan khas peninggalan warga Indonesia keturunan Cina, dan disekitar klenteng yang juga telah berdiri bertahun-tahun lamanya. Pilihannya beraneka ragam dan tentunya menawarkan cita rasa yang berbeda, dan banyak yang sudah terkenal sejak lama.

Pada akhirnya, 2 tahun lalu pada bulan November 2015, dibangun sebuah kawasan pusat kuliner yang dirancang kental dengan aura pecinan dan mulai jadi tujuan kuliner di Bandung. Sejak pertama kali dibuka kawasan ini tak pernah sepi pengunjung. Tak tanggung-tanggung gerai permanen yang berpartisipasi di dalamnya ada beberapa yang buka seharian dari pukul 10 pagi hingga 12 malam. Sudirman Street semakin ramai menjelang malam, tepatnya dari pukul 6 sore ketika beberapa kios tutup, gerobak makanan bermunculan hingga memadati bagian tengah jalan.

Foto : Instagram/sudirmanstreet

Berjalan di kawasan ini sangat menyenangkan. Bahkan tanpa menikmati makanan sambil duduk, tapi terus berjalan sambil memutuskan membeli jajanan lainnya sangat memungkinkan. Dari mulai kedai kopi, baso goreng, Baso tahu siomay, beragam jenis sate, daging bakar, beragam nasi, macam-macam makanan penutup yang segar semua bisa membuat kalap. Walau pecinan identik dengan makanan non halal, di kawasan ini banyak juga pilihan makanan halal yang bisa dicoba.

Foto : Instagram/kwetiaudanbaso28

Kawasan ini didekorasi dengan lampu-lampu dan gantungan lampion yang meriah. Begitu masuk ke dalamnya, kamu akan disambut dengan berbagai mural kreatif yang lucu untuk dijadikan objek foto. Kawasan ini cocok jadi tujuan wisata turis yang baru pertama kali atau jarang menginjakkan kakinya di Bandung, karena banyak makanan yang dijual adalah jajanan kuliner terbaik di Bandung yang berkumpul di satu daerah. Praktis untuk teman-teman dan keluarga!

Foto : Instagram/sudirmanstreet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here