Satai Kere Kesukaan Jokowi Naik Daun

0
326

Satai kere asal Surakarta ini jadi naik daun sejak disebut sebagai makanan favorit keluarga Presiden Jokowi. Namanya bahkan semakin jadi incaran sejak muncul dalam daftar hidangan yang disajikan di resepsi Kahiyang Ayu dan Bobby. Tamu-tamu yang hadir jadi bisa merasakan sendiri nikmatnya sajian khas yang penuh kesederhanaan ini.

Satai ini dinamakan kere atau miskin karena isinya terdiri dari bahan-bahan yang cukup murah. Seperti tempe, tempe gembus, kulit dan jeroan. Menikmatinya cukup dengan lontong yang disiram bersama bumbu kacang. Satai ini dahulu tercipta karena banyak warga kelas bawah yang ingin menikmati satai namun tak mampu membeli daging sebagai bahan utama yang harganya cukup mahal.

Ada banyak penjual yang berdagang satai ini di Solo. Beberapa diantaranya yang cukup terkenal adalah Mbah Ranu di daerah Nusukan dengan harga Rp12.500, Yu Rebi di belakang Sriwedari dengan harga Rp35.000, di daerah Ngarsopuro dengan harga Rp16.000, Kidule Singosaren dengan harga Rp12.000, dan Widuran di sebelah es nini thowog dengan harga Rp15.000.

Satai Kere (Foto : Instagram/angputranto) itjeher.com

Namun yang dipercaya untuk menjamu resepsi Kahiyang dan Bobby adalah milik Yu Ngatmi yang sudah menjadi langganan keluarga Jokowi sejak lama. Tak hanya resepsi Kahiyang, makanan ini juga muncul di resepsi Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda.  Mungkin sebentar lagi namanya akan berubah jadi satai presiden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here