Ingin Liburan ke Luar Kota, Lakukan Hal Ini Agar Rumah Aman

0
1158

Musim liburan tiba, biasanya tiap keluarga telah merencanakan untuk menghabiskan bertamasya ke luar kota. Entah itu ke luar negeri atau hanya pergi ke kota tetangga, memastikan rumah aman untuk ditinggal pergi wajib hukumnya.

Kebanyakan, kasus pencurian sering terjadi ketika banyak orang meninggalkan rumah kosong tak berpenghuni. Biasanya hal tersebut terjadi di musim liburan, atau di hari lebaran.

Bagaimana agar memastikan rumah aman selama ditinggal pergi? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan selama pergi di musim liburan.

Pastikan jendela dan pintu rapat terkunci

Tips rumah aman yang pertama adalah memastikan kembali semua bagian rumah terkunci rapat, khususnya akses masuk seperti pintu, jendela dan pagar tertutup rapat. Tak hanya harus tertutup rapat, kamu juga bisa menambahkannya dengan gembok agar lebih aman.

Cabut aliran listrik dan gas

Tak hanya pencurian saja yang ditakutkan ketika rumah sedang kosong, namun juga kebakaran yang berasal dari barang-barang yang dapat menyebabkan arus pendek dan membakar seluruh isi rumah. Cabut aliran listrik seperti komputer, televisi, pompa air, dispenser, AC dan alat lainnya. Namun perlu diingat, jangan cabut alat seperti kulkas yang bekerja menjaga bahan makanan kamu tetap segar.

Berhenti sementara langganan koran dan surat

Barang, surat dan Koran yang menumpuk akan membuat rumah kamu kelihatan tak berpenghuni dan memancing tindakan kejahatan.

Minta tolong saudara atau orang dekat untuk mengecek rumah

Minta tolong saudara atau orang dekat untuk sesekali menengok keadaan rumah dan jangan lupa titipkan nomor handphone kamu kepada mereka, agar nantinya jika ada kejadian yang tak diharapkan kamu bisa segera dihubungi.

Simpan barang berharga di bank

Sebaiknya simpan barang-barang berharga kamu, seperti uang, perhiasan, dan kendaraan ke tempat yang paling aman. Manfaatkan layanan penitipan barang di bank agar dijamin aman dan terpercaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here