Menghidupkan Kembali Becak Pariwisata di Jakarta

0
643
Becak Pariwisata itjeher.com

Becak pariwisata rencananya akan kembali lagi di ibu kota. Moda pariwisata tradisional yang satu ini memang sudah lama dikenal di berbagai daerah di Indonesia, namun di Jakarta tentu saja sudah tidak terlihat dimana-mana sejak sejarah penghapusannya.

Becak di Jakarta tidak lagi diakui sebagai kendaraan angkutan umum dan dilarang beroperasi di jalan-jalan kota. Alasan utamanya tentu mengatasi kemacetan, dan mengurai lalu lintas yang padat.

Walau demikian pesonanya tentu tak mati. Orang-orang yang rindu menaiki becak, memilih mengendarainya di kota-kota lain seperti Jogjakarta yang masih menghadirkan becak di banyak jalan utamanya.

BACA JUGA :

Mencoba Kereta Bandara Walau Tak Ada Jadwal Penerbangan

Banjir Jakarta : Salah Gue atau Salah Temen Temen Gue

Padahal becak memiliki kelebihan ramah lingkungan karena beroperasi dengan tenaga manusia. Karena potensi ini, becak ingin dihadirkan sebagai moda pariwisata. Becak pariwisata lalu digagas oleh Wakil Gubernur Sandiaga Uno untuk menyambungkan beberapa destinasi wisata Jakarta.

Becak Pariwisata itjeher.com

Gagasan becak pariwisata ini memang baru menjadi wacana saja dan belum direalisasikan. Pemerintah harus melihat lebih lanjut agar becak yang dioperasikan mampu menyampaikan pesan kearifan lokal dan tentu saja tidak menambah kemacetan. Apalagi jika harus melanggar Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang ketertiban umum.

Jika untuk mendukung kemajuan pariwisata, maka ide ini patut diapresiasi. Selain memelihara salah satu kebudayaan di Indonesia, jika bercermin ke negara-negara maju, beberapa masih mempertahankan kendaraan dengan tenaga manusia seperi becak. Asal sistem dibangun dengan lengkap dan teliti, tentu tidak akan menimbulkan masalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here