Embun Beku di Dieng

0
1310

Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Dieng memiliki Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 12—20 °C di siang hari dan 6—10 °C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas (“embun racun”) karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah, Dieng menjadi tempat wisata alam yang paling banyak dikunjungi. Mulai dari gunung, telaga, sampai kawah tersedia di satu kawasan ini. Selain menikmati keindahan alam dieng, ada baiknya kalian mengetahui kondisi di sana. Yuk simak beberapa tips liburan di Dieng.

  1. Bawa pakaian hangat

Jaket, celana panjang, dan kaos kaki adalah bawaan wajib jika kalian ke Dieng. Karena letaknya di dataran tinggi sehingga suhu udara di sini sangat dingin. Pada musim kemarau, embun bisa menjadi butiran es, terbayang kan seberapa dinginnya di Dieng. Akan lebih baik lagi jika kalian membawa sarung tangan ataupun kupluk rajut untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

  1. Pakai alas kaki yang nyaman dan tertutup

Hampir semua objek wisata alam di Dieng memiliki jalur menanjak atau berbatu, disarankan kalian memakai alas kaki yang nyaman dan tertutup seperti sepatu olah raga atau sepatu gunung. Hindari memakai sandal jepit dan flat shoes.

Liburan Dieng. itjeher.com
Liburan Dieng. itjeher.com

BACA JUGA :

10 Tempat Liburan di Indonesia yang Kini Digemari

Menikmati Keindahan Laut di Karma Reef Resort Gili Meno

Destinasi Wisata Rekomendasi Presiden Jokowi

  1. Bawa pashmina atau kain

Dengan udara yang dingin, penginapan di Dieng cenderung lembap. Bantal atau kasur di homestay terasa dingin? Pashmina atau kain bisa menjadi alas untuk kasur dan bantal kalian. Selain itu, pashmina juga bisa melindungi leher kalian dari udara dingin.

  1. Tripod untuk hasil foto maksimal

Untuk menghindari shaking saat mengambil foto karena gemetar kedinginan, tripod sangat berguna di saat seperti ini. Dengan tripod, kalian juga bisa menggunakan self timer untuk mengambil foto grup sesuai dengan angel foto yang diinginkan.

 

Kontributor: Florentina Woro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here