Tips Liburan Saat Hamil

0
1614
Tips Liburan saat Hamil.Itjeher.com

Jangan biarkan kehamilan membuat kamu tidak bisa berwisata, cukup perhatikan tips liburan saat hamil agar selama perjalanan tetap aman dan terjaga kesehatan. Apalagi selama kehamilan seorang calon ibu disarankan untuk menjaga keadaan emosinya tetap senang, liburan bisa menjadi waktu untuk melepaskan penat dan membuat pikiran lebih segar.

Namun, tentu saja seorang wanita hamil tidak dapat bepergian sembarangan. Apalagi berjalan-jalan ke medan yang susah, tidak disarankan oleh para ahli.

Sebaiknya, sebelum memutuskan memesan tiket, simak beberapa tips liburan berikut ini.

Pilih waktu yang tepat
Sebaiknya ketahui dulu waktunya, kapan waktu paling baik untuk bepergian bagi seorang wanita hamil. Biasanya dokter mengizinkan bepergian saat kehamil menyentuh minggu ke 13 hingga 28. Jika kamu ingin bepergian lebih atau kurang dari rentang tersebut, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut.

Destinasi domestik
Bepergian ke luar negeri mungkin akan terasa jauh lebih melelahkan untuk seorang ibu hamil. Oleh karena itu, sebaiknya Anda destinasi liburan lokal saja. Selain itu, sebaiknya jangan melakukan aktivitas yang berbahaya seperti naik gunung atau skydiving, tentu saja aktifitas seperti itu akan berisiko untuk kesehatan bayi dalam kandungan. Apabila ingin bepergian ke suatu daerah terpencil yang membutuhkan vaksinasi terlebih dulu, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter.

Bawa rekam medis kehamilan
Penting untuk selalu membawa buku catatan kehamilan yang selama ini selalu rutin dikonsultasikan kepada dokter. Jika kamu mengalami keadaan darurat di kota liburan, kamu bisa menjelaskan ke dokter dengan rekam medis yang selama ini telah tercatat. Pihak rumah sakit nantinya bisa lebih mudah mengetahui bagaimana perkembangan kondisi kehamilan dari buku tersebut dan dapat memberikan penanganan yang tepat.

Selalu sedia makanan kecil
Seorang wanita hamil harus dapat memenuhi nutrisi untuk dua tubuh. Tidak heran jika keinginan makannya meningkat. Jangan lupa selalu bekali diri dengan camilan sehat yang dapat dimakan kapan saja saat kamu merasa lapar. Selain itu, ibu hamil juga harus senantiasa terhidrasi. Jadi pastikan kamu melakukan tips liburan yang satu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here