Ini Dia Kota Ramah Pesepeda

0
295
Kota Ramah Pesepeda. Itjeher.com

Di Jakarta, jarang sekali melihat pesepeda atau orang yang berkendara dengan sepeda. Bila ada, hal tersebut bisa dihitung dengan satu tangan, dibandingkan dengan pengendara sepeda motor.

Berbeda dengan Bali, Lombok, atau Yogyakarta, ibukota memiliki jalan raya yang sibuk dan tidak memiliki jalur khusus untuk sepeda. Hal ini yang membuat orang enggan berkendara dengan sepeda, dan memilih alat transportasi lain.

Berbeda dengan Jakarta, di luar negeri banyak sekali kota yang ramah dengan para pesepeda. Dimana saja? Berikut ini daftarnya.

Tucson, Arizona

Ada sekitar 1.000 kilometer jalur khusus pesepeda yang terbentang di kota Tucson, Arizona. Di sana sekitar 100 kilometer terbentang di tengah kota, hingga banyak penduduk yang memilih untuk bersepeda untuk berativitas.

Wina, Austria

Selain trem, bus, dan taksi, kendaraan lain yang melintas di tengah kota Wina ialah sepeda.

Kota Wina disebut sebagai salah satu kota dengan jumlah kepemilikan kendaraan pribadi yang rendah. Hal ini disebabkan karena masyarakatnya lebih senang menggunakan sepeda. Di sini juga tersedia banyak peminjaman sepeda, dan memiliki festival sepeda tiap tahunnya.

BACA JUGA:

Pilihan Olahraga Air di Gili Trawangan

Pulau Boracay Ditutup Karena Penuh Sampah

Pantai Indonesia Ini Masuk Kategori Pantai Terindah Dunia

Tokyo, Jepang

Bersepeda seakan sudah menjadi tradisi turun temurun di Jepang. Bahkan di kota Tokyo yang sudah maju, para pesepeda masih banyak ditemukan. Selain memiliki jalur khusus, para pengendara sepeda juga diijinkan naik ke trotoar ketika dibutuhkan.

Amsterdam, Belanda

Hampir sama dengan Jepang, bersepeda juga sudah lama menjadi tradisi di kota Amsterdam. Ada jalur khusus pesepeda sepanjang 724 kilometer di sini. Jadi tak heran ketika kita sering melihat para pesepeda dari berbagai umur, mulai dari anak kecil hingga orangtua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here