Berlibur sambil Bermain di Tubing Magelang

0
1194
Foto : website/tubingmagelang. itjeher.com.

Pernah mendengar kata tubing? Mungkin beberapa dari kamu tidak mengenal kegiatan ini. Tubing merupakan kegiatan meluncur bebas di atas permukaan sungai yang berarus ringan dengan menggunakan ban dalam mobil. Seru kan ? Permainan dengan ban dalam mobil ini memang penuh sensasi yang cukup menegangkan dan menyenangkan saat meluncur mengikuti derasnya aliran air Kali Gono sepajang 2000 meter.

Permainan wahana air yang dikelola pemuda Desa Treko, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, merupakan terobosan dalam pengembangan wisata yang berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan ekonomi kreatif. Selain menjual permainan air pada pengunjung, katanya wisatawan juga disuguhi keindahan pemandangan alam puncak Gunung Merapi yang terus mengeluarkan asap dan tidak pernah berhenti sepanjang tahun.

Foto : website/tubingmagelang. itjeher.com.

Rute wisata air ini mengambil “start” dari Dusun Legoksari yang cukup bagus untuk melakukan swafoto atau “selfie” sebelum turun ke sungai, karena rindang oleh pohon bambu. Sedangkan “finish” berada di teluk Pontong. Selama perjalanan menggunakan ban, para wisatawan dipandu oleh instruktur yang berjaga di setiap jeram. Karena jeram yang dilewati cukup curam sehingga pemandu bisa langsung memberikan pengamanan pada wisatawan yang sedang menikmati derasnya air tersebut.

BACA JUGA :

Menikmati Suasana Eropa di Devoyage Bogor

Destinasi Wisata Labuan Bajo Ditata Kementrian PUPR

Yuk ! Berkunjung ke Dubai Miracle Garden

Selain tubing Desa Treko, juga terdapat beberapa lokasi lain yang bisa dikunjungi dan siap untuk mengisi liburan kamu, yaitu :

  • TUBING KALI MANGU

Tubing Kali Mangu merupakan tubing yang berhulu langsung dari Gunung Merbabu. Aliran dari kali Mangu melawati beberapa daerah yaitu Sawangan dan Mungkid. Sungai Mangu merupakan sungai kecil yang kemudian menyatu dengan Sungai Elo yang menjadi lokasi untuk Rafting Sungai Elo. Kali Mangu sendiri masih asri dengan air yang belum tercemar dengan limbah-limbah, sehingga airnya masih jernih. Memiliki keindahan seperti batu-batuan alami seperti Green Canyon dan beberapa air terjun kecil di pinggir sungai sepanjang melewati Tubing Kali Mangu. Ada juga bangunan tua yang dilewati yaitu jembatan peninggalan belanda.

Foto : website/tubingmagelang. itjeher.com.
  • LITTLE UBUD RIVER TUBING

Lokasi Tubing ini berada di Sungai Singgono yang terletak di daerah Candimulyo, Magelang. Sungai merupakan sungai yang masih alami dengan air yang masih jernih. Lokasi sungai berada di hulu mata air, dikelilingi oleh sawah-sawah yang asri, dan lingkungan perdesaan. Little Ubud River Tubing mempunyai ciri khas sungai yang berkelak-kelok dengan arus yang deras dan ada juga yang tenang. Deretan batu besar dan kecil yang harus dilewati dengan jeram-jeram yang menantang. Hal tersebut akan membuat keasikan tersendiri dengan benturan-benturan yang membuat peserta akan menikmati keseruan dari Tubing.

  • TUBING TUK GONG MAGELANG

Tubing Tuk Gong Sungai Ngudal cocok untuk liburan bersama dengan keluarga dan anak-anak usia minimal 2 tahun. Perjalanan dari basecamp menuju start point Tubing Tuk Gong Magelang pengunjung akan mendapatkan spot foto yang bagus untuk diabadikan dengan selfie bersama teman dan keluarga. Area start ini merupakan sumber mata air Tuk Gong yang jernih dan bisa untuk berfoto di dalam air karena air nya yang sangat jernih.

Untuk informasi selengkapnya bisa dilihat di website www.tubingmagelang.wordpress.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here