Liburan ke Taman Nasional Way Kambas di Lampung

0
954
Taman Nasional Way Kambas di Lampung. itjeher.com.

Buat kamu yang ingin mencari destinasi liburan yang unik dan bersejarah, di Lampung terdapat Taman Nasional Way Kambas yang terletak di Kecamatan Labuhan Timur, Lampung. Taman Nasional Way Kambas yang Tempat wisata yang dikelola oleh Kementerian Perhutanan ini pertama kali dibangun pada tahun 1985 dan merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Selain merupakan tempat konservasi dan pelatihan gajah, di TNWK juga terdapat International Rhino Foundation yang difungsikan sebagai tempat penangkaran badak dari kepunahan.

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) merupakan Taman Nasional tertua di Indonesia. Taman Nasional ini terletak di ujung selatan Sumatera atau 110 km dari Bandar Lampung. Way Kambas didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1937 sampai sekarang masih terjaga sebagai Taman Nasional dan di sini diyakini ada sekitar 200 gajah sumatera (Elephas maximus sumatranensis) hidup di dalam Taman Nasional. Gajah sumatera merupakan salah satu dari tiga subspesies yang diakui dari gajah asia, yang merupakan hewan asli dari Pulau Sumatera. Perbedaan secara umum, gajah asia lebih kecil dibandingkan dengan gajah afrika. Di antara gajah asia, gajah sumatera merupakan yang terkecil, dengan ketinggian bahu berkisar antara 2 meter dan 3,2 meter.

Taman Nasional Way Kambas di Lampung. itjeher.com.

BACA JUGA :

Tips Mudik Membawa Bayi 

KAI Luncurkan Kereta Api dengan Gerbong Kamar Tidur

Pembentukan awal taman nasional ini bertujuan untuk melindungi keberadaan gajah dan pada saat yang sama menciptakan saling menguntungkan untuk kedua gajah dan manusia. Pusat pelatihan juga mengingatkan pada saat raja atau sultan memerintah Sumatera, ketika gajah dilatih dan dikerahkan dalam perang dan juga untuk tujuan seremonial. Gajah melakukan berbagai tugas seperti mengangkut kayu atau membajak sawah. Namun sekarang di TNWK pengunjung dapat melihat gajah melakukan kegiatan seperti bermain sepak bola atau pertunjukan menghibur lainnya.

Yang juga istimewa, Taman Nasional Way Kambas (BARRY KUSUMA) Terletak di sebuah taman berdinding yang luas penuh dengan pohon buah-buahan tropis, tempat ini menawarkan empat cottage masing-masing dengan kamar luas yang dapat menampung hingga empat orang. Menuju TNWK bisa ditempuh 2 jam perjalanan darat dari Kota Bandar Lampung. Jalan menuju ke sini cukup bagus dan jika kamu membawa mobil pribadi bisa kurang dari 2 jam.

Oh iya ! tips buat kamu yang memiliki hobi fotografi, sebaiknya datang kesana sebelum jam 6 pagi, karena pada pagi hari pawang-pawang gajah ini akan melepaskan gajah ke padang rumput luas dan terpisah-pisah. Selain bisa mengabadikan gajah pada saat sunrise juga bisa memotret puas gajah-gajah di pusat konservasi. Selain pagi hari, momen terbaik juga bisa ditemukan pada sore hari menjelang sunset, karena gajah yang berada di savana dikumpulkan kembali ke lapangan oleh pawang-pawang. Kamu bisa mengabadikan siluet gajah dan aktivitas mereka pada saat ini. Ada baiknya menginap semalam di TNWK sehingga momen di pagi hari dan sore hari dapat semua. Untuk bisa masuk ke sini,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here