Sayembara Liburan Itjeher: Pantai di Kupang

0
1066

Peserta Sayembara Tulisan Liburan: Florentina Woro

Kupang. Apa yang terlintas di pikiran kalian jika mendengar Kupang? Mungkin terpikir panas, gersang dan jauh dari Jakarta karena lokasinya di Nusa Tenggara Timur. Tapi ada satu yang sering terlewatkan, wisata Kupang, pantainya indah banget!

Cuti bersama di libur Lebaran tahun ini cukup panjang sehingga menjadi waktu terbaik untuk liburan. Saya memilih Kupang sebagai tujuan berlibur kali ini. Pastinya sebelum berangkat, saya sudah mencari informasi tentang pantai-pantai terbaik di Kupang dan inilah pantai-pantai yang memanjakan mata saya selama liburan.

Pantai yang pertama dikunjungi adalah Pantai Tablolong, hanya sejam dari Kupang. Karena lokasinya yang dekat, saya dua kali mengunjungi pantai ini. Pertama kali datang waktu sore untuk hunting sunset, walaupun sebagian tertutup awan, tetapi matahari terbenam di Pantai Tablolong tetap cantik. Kedua kalinya datang di pagi hari ketika langit masih biru, laut tenang, dan pastinya pantai ini masih sepi.

Di hari berikutnya saya memilih Pantai Uihtiutuan, perjuangan memang untuk sampai di sana karena berada di Pulau Semau. Selain harus menyebrang dengan ferry dan kembali ke Kupang dengan kapal kayu, keterbatasan sinyal telekomunikasi menjadi kendala mencari lokasi pasti pantai ini. Jalanan berbatu dan berpasir dilewati, akhirnya setelah 2 jam tiba di Pantai Uihtiutan. Ah cantik sekali! Pantai berpasir halus dan laut yang sangat biru terlihat sempurna dengan Bukit Liman di kejauhan.

Pantai di Kupang yang tidak kalah indah dan sangat menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Kolbano. 100 KM dari Kupang atau sekitar 3 jam perjalanan ditempuh untuk sampai di pantai berbatu indah ini. Sepanjang jalan di tepi pantai banyak ditemui Rumah Lopo, rumah adat NTT, menambah keunikan Pantai Tablolong ini. Banyak warga yang memisahkan bebatuan ini berdasarkan warna dan ukuran untuk dijual. Jika beruntung mereka menemukan batu akik.

5 hari 4 malam di Kupang belum cukup rasanya, masih banyak tempat indah yang ingin saya kunjungi. Mungkin saya akan kembali di liburan berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here