Liburan ke Piaynemo bisa Memberi Makan Ikan Hiu

0
2022

Memberi makan ikan Koi atau ikan mas sering kita dapati. Namun di Kepulauan Raja Ampat bernama Piaynemo kita akan menemukan kegiatan yang berbeda. Yaitu memberi makan ikan hiu. Piaynemo adalah gugusan pulau karang yang mempesona di Papua Barat.

Disana terdapat penangkaran ikan hiu liar. Banyak hiu kecil yang datang dan mencari makan hingga mereka besar. Tempatnya benar-benar tampak alami dengan pepohonan bakau pantai sebagai latarnya. Hiu-hiu kecil pun terlihat berenang kian kemari tanpa menunjukkan keganasannya, seakan-akan mereka adalah ikan jinak yang bukan karnivora.

BACA JUGA :

Mencoba Pemandian umum Di Kontamale Sulawesi Tenggara

Istana Bogor Dibuka untuk Umum

Menurut pemandunya disana, ikan-ikan hiu itu sama sekali tidak sengaja dipelihara. Mereka datang dengan sendirinya dan mulai membuat sebuah koloni di tempat ini tanpa takut akan kehadiran manusia. Namun, ikan hiu yang datang umumnya masih muda dan berukuran kecil, sedangkan ikan hiu dewasa berada sedikit menjauh ke tengah lautan. Awalnya petugas sekitar Piaynemo yang rutin memberi makan ikan hiu kecil ini, tidak disangka kegiatan ini menarik perhatian para wisatawan.

Para pengunjung sangat menikmati pemberian makan ini dan dianggap sebagai atraksi menarik serta unik untuk diabadikan dalam foto. Biasanya para petugas memberikan makanan berupa ikan-ikan hasil pancingan yang dipotong kecil-kecil dan disebar di seluruh tempat penangkaran. Ketika daging-daging kecil itu dilemparkan ke air, ikan-ikan hiu dengan sigap menerkam daging-daging itu dan dalam sekejap habis tak bersisa.

Kegiatan ini biasanya dipaketkan dengan perjalanan ke Piaynemo. Wisatawan tidak perlu membayar apapun untuk atraksi tersebut, hanya mungkin jika berkenan, wisatawan dapat memberikan sumbangan sukarela untuk perawatan obyek wisata cantik ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here