Panorama Indah Pulau Sapudi yang Baru Terkena Gempa

0
2213
Foto : visitsumenep.com itjeher.com

Pulau Sapudi yang berada di antara gugusan pulau-pulau di sebelah timur Pulau Madura dan terletak di wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur baru saja mengalami dampak dari gempa berkekuatan 6,3 SR. Pulau ini terkena gempa pada hari Kamis, 11 Oktober 2018, karena berada dekat dengan pusat gempa.

Berita mengejutkan ini tentu menjadi kabar duka bagi seluruh warga Indonesia. Walau demikian, masih banyak yang belum mengetahui keberadaan pulau ini, padahal pulau ini memiliki gugusan pantai yang sangat indah dan budaya yang kental.

Pulau Podhay, begitu masyarakat Madura sendiri menyebut Pulau Sapudi adalah tempat kelahiran Karapan Sapi Madura yang sangat terkenal. Keindahan alamnya pun masih asli dengan lingkungan asri yang menyimpan banyak sejarah.

BACA JUGA :

Telur Puyuh yang Mungil ini Banyak Sekali Manfaatnya !

Liburan ke Air Terjun Nglirip di Tuban Jawa Timur

Koleksi Makeup Gemas dengan Avatar BTS

Di setiap sisi pulau dapat ditemui mangrove. Vegetasi darat dan laut di pulau ini memang sangat melimpah. Sehingga dapat terlihat banyak spesies pohon-pohon yang khas dan semak yang punya kemampuan hidup di lingkungan laut.

5 jenis mangrove yang dapat ditemukan di pulau ini diantaranya Sonneratia Alba, Avicennia Lanata, Rhizopora Mucronata, Rhizopora Apiculata, dan Lumnitzera Racemosa. Dari tanaman tersebut di musim tertentu dapat terlihat buah tumbuh dengan bungkusan kelopak bunga yang begitu indah ketika bermekaran.

Selain itu bagian utara Pulau Sapudi juga memiliki arus perairan yang tenang membuatnya sangat ideal untuk dijadikan destinasi berlibur.  Semoga segera pulih untuk Pulau Sapudi dan semua warga yang dilanda bencana!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here