Pulau Komodo Akan Ditutup?

0
5125

Belakangan, isu ditutup sementara pulau komodo dan isu kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo menjadi perbincangan. Pulau yang satu ini menjadi satu tempat pelestarian dan hidup reptil purba komodo di Indonesia, sekaligus tempat wisata yang paling populer di kawasan timur Indonesia.

Walau rencana ditutupnya pulau Komodo, pulau yang berada di sekitarnya akan tetap dibuka untuk turis. Pulau tersebut antara lain yaitu Pulau Rinca, Pulau Padar, dan Gili.

Sementara itu keputusan penutupan Pulau Komodo harus menunggu hasil dari tim terpadu dan penutupan baru bisa dilaksanakan pada bulan Januari 2020.

Bersangkutan dengan keputusan penutupan Taman Nasional Komodo, tim terpadu akan memberikan rekomendasi kepada KLHK dan Direktorat Jendral (Ditjen) KSDAE KLHK pada bulan Agustus 2019.

Selain keputusan tersebut, Ditjen KSDAE KLHK bersama Pemerintah Provinsi NTT sepakat untuk melakukan beberapa langkah terkait keberlangsungan hidup satwa Komodo dan ekosistemnya.

Di antaranya pengamanan terhadap rusa sebagai makanan komodo, meningkatkan patroli untuk mengamankan kawasan perairan dan daratan dari perburuan liar, mengatur pintu masuk jalur kapal sekaligus penjualan tiket melalui Pelabuhan Labuhan Bajo, dan mengontrol aktivitas wisata seperti snorkeling, melihat komodo, diving, dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here