Jembatan Gantung Situ Gunung yang Terpanjang di Indonesia

0
2990
Jembatan Gantung Situ Gunung
Jembatan Gantung Situ Gunung

Kini para wisatawan lokal maupun mancanegara sudah dapat menikmati jembatan gantung yang terpanjang di Indonesia. Bahkan juga ada yang menyebutnya sebagai yang terpanjang di Asia. Yaitu Gantung Situ Gunung yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGG), Sukabumi, Jawa Barat.

Jembatan gantung ini memiliki panjang 243 meter dengan lebar 18 meter dan berada di ketinggian jurang mencapai 161 meter. Banyak pengunjung yang dibuat penasaran dengan tempat ini. Ketika sedang menyebrang, tak hanya memacu adrenalin saja, para pengunjung juga dimanjakan dengan adanya pemandangan pepohonan rindang dengan udara yang sejuk.

BACA JUGA :

Diskon Tiket Dufan Khusus untuk Perempuan

Miniatur Keajaiban Dunia ada di Small Garden Baturaden

 Jembatan Gantung Situ Gunung
Jembatan Gantung Situ Gunung

Sesuai dengan standar kapasitas yang telah ditetapkan, untuk satu kali lewat hanya mampu menampung sebanyak 40 hingga 50 orang sekaligus. Di sana terdapat para petugas yang siap untuk mendampingi dan mengatur para wisatawan yang datang.

Sangat aman karena kayu yang digunakan untuk membangun jembatan ini tidak sembarangan. Pihak swasta dan Kementrian Lingkungan Hidup bekerjasama untuk memilih menggunakan kayu ulin yang langsung dikirim dari Provinsi Papua.

Ulin atau kayu besi dipilih karena tahan terhadap perubahan suhu, kelembapan, tidak mudah dimakan rayap, dan sifat yang sangat berat serta keras. Selain kayu pemilihan kayu, agar jembatan lebih kokoh mereka menggunakan 5 jumlah tali sling.

Buat kamu yang ingin mencobanya, jangan lupa memperhatikan beberapa hal yang penting. Yaitu tidak boleh berlarian, loncat, melempar benda dalam bentuk apapun ketika menyebrang, dan diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan. Jembatan yang belum memiliki nama resmi ini menghubungkan ke wisata alam lain yaitu Curug Sawer dan hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk sampai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here