Menjaga Rumah Kosong di Saat Mudik

0
4674
Rumah Aman Selama Mudik, Foto Pixabay. Itjeher.com

Sebentar lagi banyak masyarakat yang akan pulang mudik. Khususnya bagi para penduduk ibukota, ini adalah momen-momen yang ditunggu banyak orang. Tidak sedikit masyarakat yang pergi mudik satu keluarga, dan meninggalkan rumah kosong tak berpenghuni.

Durasi mudik tiap orang berbeda-beda. Ada yang biasa meninggalkan rumah dalam satu minggu, dua minggu, bahkan ada yang hingga satu bulan. Karena itu, banyak yang harus dilakukan agar rumah tetap aman selama pulang mudik. Apa saja?

BACA JUGA:

Kulit Wajah Segar di Bulan Puasa dengan Face Roller

Bincang- Bincang Seputar Menstruasi Bersama Betadine

Jangan umumkan di media sosial

Jangan beri informasi di media sosial jika kamu ingin meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Bahkan bila perlu, non aktifkan sementara akun media sosial selama mudik. Langkah ini menghindari para pemangsa yang ingin merampok rumah kosong.

Lapor pada Ketua RT
Sebelum mudik, pastikan untuk melapor ke ketua RT, ketua RW, dan penjaga keamanan agar membantu menjaga keamanan rumah selama ditinggal. Jangan lupa beritahu tetangga yang tidak mudik, agar bisa ikut menjaga rumah kamu.
Matikan aliran listrik dan cabut gas

Matikanlah aliran listrik untuk perangkat elektronik yang tidak perlu, misalnya TV, dispenser, pompa air, dan lainnya. Selain itu, jangan lupa cabut aliran gas agar tidak terjadi kebocoran gas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here