Jalan-Jalan ke Perkebunan Teh Tertua Kayu Aro di Kerinci

0
1651

Selain pantai, pegunungan dan pulau yang menarik untuk dikunjungi pada saat liburan, ada satu tempat destinasi di Indonesia yang menyenangkan dan menyejukkan. Yaitu perkebunan teh Kayu Aro Pegunungan Kerinci, Sungai Penuh, Jambi, Sumatera.

Kebun teh Kayu Aro tidaklah layaknya kebun teh pada umumnya. Sebagai kebun teh orthodox atau teh hitam yang bebas bahan kimia, perkebunan teh ini merupakan salah satu perkebunan tertua yang ada di Indonesia yang dipercaya telah berusia ribuan tahun.

Perkebunan ini dimulai oleh sebuah perusahaan Hindia Belanda pada tahun 1925, selama masa kolonial dan kemudian diambil alih oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1959. Kayu Aro adalah perkebunan teh terbesar kedua di dunia setelah Darjeeling Tea Plantation di India. Ini terletak di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut dan mencakup sekitar 2.500 hektar.

BACA JUGA :

Tips Membawa Anak Bayi Bepergian Dengan Pesawat

Berburu Spot Foto di Festival Titik Temu Belitong

Untuk mencapainya dapat mengikuti rute yang sama menuju Gunung Kerinci ke arah Sungai Penuh. Dua bandara terdekat Sungai Penuh yang juga merupakan ibukota Kabupaten Kerinci adalah Jambi dan Padang.

Yang istimewa, setiap tahun perkebunan Teh Kayu Aro dapat menghasilkan rata-rata 5.500 ton teh hitam. Teh artodox grade satu (teh unggulan) ini diekspor ke Eropa, Rusia, Timur Tengah, Amerika Serikat, Asia Tengah, Pakistan, dan Asia Tenggara.
Kabarnya, teh dari Kayu Aro disebut-sebut sebagai salah satu teh favorit Ratu Inggris dan Ratu Belanda pada masa penjajahan. Penasaran ya ? yuk ke Kayu Aro…selain dapat menikmati teh yang unggulan ini, kamu juga dapat melihat panorama hamparan hijau sambil menghirup udara yang menyegarkan.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here