Berburu Sunset di Candi Plaosan

0
1541

Liburan kali ini kamu bisa mengunjungi satu kebudayaan Indonesia yang bernama Candi Plaosan. Candi Plaosan adalah sebutan untuk kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Kompleks ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang, atau juga dikenal dengan nama Kerajaan Mataram Kuno. Kompleks Candi Plaosan terdiri atas Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.

Candi ini terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur-laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan. Yang istimewa, Candi Plaosan yang merupakan Candi Buddha, tetapi secara arsitektur bangunan ini memiliki campuran dengan Candi Hindu di Indonesia.

BACA JUGA :

Liburan ke Bromo untuk Melihat Fenomena Embun Beku

Menikmati Gunung Parang di Dalam Hotel Gantung

Sejarah Candi Plaosan dimulai ketika Rakai Pikatan memutuskan untuk menikah dengan Pramordhawardani. Walaupun hubungan percintaan mereka menimbulkan banyak keresahan dan penolakan, mereka tetap menikah karena didasari oleh rasa cinta

Cerita asmara kedua insan ini kemudian menjadi mitos tersendiri untuk pasangan yang mengunjungi Candi Plaosan. Mitos yang beredar menyatakan, pasangan yang datang ke Candi Plaosan, niscaya hubungan mereka akan langgeng.

Selain itu, bila berkunjung kesana pada saat matahari terbenam, kamu akan dimanjakan dengan keindahan warna langit yang berganti warna. Keindahan Sunset ini bisa dilihat di sekitar bulan Agustus hingga September, dikarenakan letak Matahari yang tepat berada di tengah candi.
Bahkan untuk mendukung kegiatan ini, tersedia pendopo yang disebut Paseban Candi Kembar yang menjadi tempat bersantai menikmati pemandangan sembari makan dan minum. Pendopo ini dibangun di atas tanah desa untuk tujuan wisata padan bulan Maret 2016 dan diresmikan April 2017.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here