Ikuti Aturan Tidak Tertulis Ini untuk Jadi Turis yang Baik

0
2602
Foto : Pexels Itjeher.com
Foto : Pexels Itjeher.com

Menjadi turis yang baik kedengarannya mudah dilakukan, namun pada kenyataannya jumlah kabar berita buruk mengenai kelakuan turis yang mengganggu di berbagai destinasi semakin mudah ditemui.

Turis yang baik harus dapat melihat dengan bijak bahwa destinasi yang dikunjungi bukan hanya sebatas objek yang dibayar saja.

Untuk itu saat berwisata perlu melihat aturan yang tidak tertulis. Ini dia diantaranya!

BACA JUGA :

Keunikan Pakaian Adat Sasak yang Dikenakan oleh Jokowi

Selena Gomez Akan Luncurkan Produk Kecantikan

Botox Ketiak Seperti Chrissy Teigen Hanya Untuk Penderita Hiperhidrosis

  • Lakukan Riset dan Hargai Budaya

Perbedaan budaya adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Ingat bahwa dimana langit dijunjung, maka disitu bumi dipijak. Berwisata akan membuka mata tentang budaya baru yang mungkin berbeda dari biasanya, budaya yang baik bagi pendatang belum tentu baik bagi tempat lain. 

  • Hormati tempat sakral

Jangan pernah mempermainkan tempat yang dianggap sakral, sekalipun tempat itu terasa asing atau tidak sesuai dengan kepercayaan. Hormati tempat beribadah dan jangan tergoda untuk mengikuti perilaku turis lain yang dirasa tidak sopan. 

  • Lindungi Anak-anak

Anak-anak bukanlah atraksi wisata, hindari memperlakukan anak sebagai objek wisata, misalnya mengambil foto tanpa izin anak yang mengenakan baju adat. Selain itu hindari usaha yang memiliki potensi eksploitasi anak.

  • Dukung Usaha Lokal

Turis yang baik mendukung usaha lokal destinasi yang dikunjungi dengan berbelanja pada penduduk setempat. Selain itu bisa juga dilakukan dengan menggunakan guide tur setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here