Mengenal Kalimantan Timur Lewat Desa Budaya Pampang

0
2620
Foto : Instagram/_wisata_budaya_pampang Itjeher.com
Foto : Instagram/_wisata_budaya_pampang Itjeher.com

Salah satu bagian besar Indonesia yaitu Kalimantan Timur disebut-sebut sebagai calon Ibu Kota baru yang sangat potensial. Provinsi yang berpusat di Samarinda ini memang memiliki banyak keunggulan yang menarik. Dengan fasilitas yang lengkap dan pembangunan progresif, daerah ini masih menyimpan bentangan lahan hijau yang besar.

Selain itu, salah satu yang cukup dibanggakan tentu budaya Dayak yang kental. Memiliki kearifan budaya yang sangat kaya, bagi pelancong ternyata bisa berkenalan dengan serba-serbi suku asli di pedalaman Borneo ini lewat Desa Budaya Pampang.

Desa Budaya Pampang, terletak di Sungai Surung, yang berjarak tidak jauh dari Bandara Sungai Baru, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Disini pengunjung dapat menikmati pertunjukan tarian adat Suku Dayak yang diadakan rutin setiap hari Minggu siang.

BACA JUGA :

Ini Dia Cara Efektif Mengatasi Uban

Rinaldy A. Yunardi membuat Aksesori yang Terinspirasi dari Budaya Indonesia

Jimin BTS Dinobatkan Menjadi King of K-Pop 2019

Dengan latar belakang Lamin yang merupakan rumah adat Suku Dayak, detail tarian akan terlihat sangat indah. Apalagi penari yang membawakannya mengenakan baju adat Suku Dayak yang didominasi dengan kombinasi warna cerah. Ada ragam tarian yang dipertontonkan disini, diantaranya Tari Bangen Tawai, Kanjet Anyam Tali, Ajay Pilling, Kancet Lasan, Hudoq, Kancet Punan Lettu, Kancet Lasan dan Nyalama Sakai.

Tentu bukan sekedar tujuan wisata, namun penduduk asli yang menampilkan ragam tarian tersebut benar-benar bertempat tinggal di desa ini. Karenanya pastikan untuk selalu menjaga sopan santun saat berkunjung. Jangan lupa juga untuk mendukung usaha lokal dengan membeli oleh-oleh berupa aksesori dari manik-manik khas Kalimantan Timur sepulang dari sini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here