Melirik Keindahan Budaya Kalimantan di Borneo Extravaganza 2019

0
799
Promosi Kebudayaan Kalimantan Lewat Borneo Extravaganza. Itjeher.com
Promosi Kebudayaan Kalimantan Lewat Borneo Extravaganza. Itjeher.com

Sebagai salah satu bentuk promosi keindahan budaya dari Kalimantan, akhir pekan lalu, Kementerian Pariwisata membuka secara resmi pameran pariwisata Borneo Extravaganza 2019 yang berlangsung di  Atrium Mal Bali Galeria Kuta, Bali, Sabtu (5/10).

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan  Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan 5 Pemerintah Provinsi se-Kalimantan adalah upaya mempromosikan potensi pariwisata Kalimantan dalam mendukung program Wonderful Indonesia untuk mencapai target 20 juta wisatawan di tahun 2019.

BACA JUGA:

SuperM Tampilkan Kekuatan Maksimal Dalam Lagu Debut Jopping

Melakukan Napak Tilas Dalam Koleksi Terbaru Amanda Hartanto

Borneo Extravaganza merupakan wadah promosi bersama Kalimantan untuk memperkenalkan produk-produk pariwisata ke dunia luar, dalam dan luar negeri. Hadir dalam acara pembukaan pameran tersebut Pejabat kementerian Partiwisata, Para Bupati, Ketua Asita Bali, Kepala Dinas Pariwisata Propinsi/ Kab/ Kota se-Kalimantan dan Biro Perjalanan wisata Bali dan Kalimantan.

Kegiatan pameran pariwisata  Borneo Extrvaganza 2019 ini dinilai mampu menarik minat wisnus dan wisman untuk mengunjungi Kalimantan. Dan sesuai dengan tema yang bertajuk “Experience” diharapkan dapat menjadi daya tarik wisman dan wisnus untuk merasakan sendiri pengalaman menjelajah dan menikmati keindahan pulau Kalimantan dari sisi alam, pantai, taman wisata budaya, wisata belanja serta wisata kuliner yang dikenal dengan nama Borneo.

Promosi Kebudayaan Kalimantan Lewat Borneo Extravaganza. Itjeher.com
Promosi Kebudayaan Kalimantan Lewat Borneo Extravaganza. Itjeher.com

Sapto Haryono, S.H selaku Kepala Bidang Pemasaran Area III Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II mengatakan, pertumbuhan pariwisata Indonesia meraih peringkat ke-9 tercepat di dunia, dengan pertumbuhan wisatawan mancanegara pada tahun 2014-2018 mencapai 67,6 persen. “Maka dari itu bisa diproyeksikan kemungkinan pada 2019, target devisa mencapai 20 miliar dolar AS dapat tercapai. Dan akan bermunculan destinasi-destinasi baru di Pulau Kalimantan, yang bergerak ke pariwisata, bukan hanya focus pada minyak dan batu bara” kata Sapto.

Sapto Haryono mengatakan, kenapa Bali menjadi tempat pameran karena kalau kita mau memancing harus di kolam yang ikannya banyak. Bali merupakan destinasi yang sudah banyak wismannya, kita tidak perlu jauh-jauh promosi keluar negeri, cukup di Bali sudah mendapat pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Kalimantan yang terkenal dengan wisata petualangan ecotourism diharapkan mampu menarik wisatawan mancanegara khususnya dari Eropa.

Sapto Haryono menjelaskan lebih lanjut, “ Rencananya Kemenpar juga akan mendorong untuk dibuat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Kalimantan Timur, guna menjadikan destinasi wisata di Kalimantan Timur lebih kuat dan dikenal lagi oleh masyarakat luas”.

Penyelenggaran Borneo Extravaganza berlangsung selama dua hari (5-6 Oktober 2019) di Mal Bali Galeria Kuta, Bali. Format kegiatan Borneo Extravaganza 2019 adalah Pameran dan Festival Budaya Kalimantan, dengan pementasan di panggung untuk pagelaran dan budaya dan seni juga atraksi kesenian Kalimantan. Pameran dari masing-masing provinsi berupa cinderamata, kuliner, dan produk khasnya. Juga ada pameran dari Biro Travel Agency Kalimantan, tour operator dan lainnya yang memasarkan paket wisata Kalimantan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here