Berkemah di Pulau Kenawa Sumbawa yang Menyenangkan

0
1160
pulau kenawa
pulau kenawa

Belum banyak yang tahu tentang pulau Kenawa yang merupakan salah satu pulau kecil di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau ini menyimpan banyak sekali kekayaan Nusantara yang harusnya bisa dibudidayakan dan dikenalkan kepada masyarakat.

Pulau Kenawa memiliki pemandangan yang indah, dengan pasir putih terhampar di setiap sisinya, dan di tengahnya terdapat padang rumput dengan ilalang tinggi. Pulau kecil tanpa penduduk ini, mempunyai luas kurang lebih 15 hektar, terhampar dataran rendah kecuali satu bukit kecil di bagian tengahnya.

Di sekeliling pulau ini dibangun saung-saung kecil sederhana, untuk duduk dan menggelar tikar. Buat kamu yang suka berkemah, akan mendapatkan suasana yang berbeda. Karena tidak berpenghuni, suara ombak bisa menjadi kenikmatan tersendiri.

BACA JUGA :

Wisata Nusa Tenggara Timur Jadi Nomor 1 Pilihan Lonely Planet

Taman Safari Indonesia 2 Prigen Salah Satu yang Terluas di Asia

Untuk sampai ke Pulau Kenawa, kamu harus menuju Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur untuk menyeberang menggunakan kapal feri selama dua jam menuju Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa. Dan istimewanya, di Pelabuhan Poto Tano kamu juga bisa menikmati keindahan alam yang alami seperti airnya yang masih biru dan jernih.

Dari pelabuhan, kamu berjalan kaki selama 10 menit menuju pelabuhan nelayan. Lalu menggunakan kapal kayu milik nelayan, kamu menyeberangi sebuah dermaga yang berada sekitar 200 meter di sebelah utara Pelabuhan Poto Tano atau sekitar 20 menit. Dan kamu akan tiba di Pulau Kenawa.

Oh iya ! jangan lupa membawa perlengkapan untuk menyelam ya. Karena disana keindahan laut masih terjaga dan kamu akan puas melihat warna-warni terumbu karang dan ikan. Dan disana adalah lokasi yang tepat untuk menikmati indahnya matahari terbit dan matahari tenggelam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here