Labuan Bajo Bukan Destinasi untuk Keperluan Konten Semata

0
695
Foto : Pexels.com Itjeher.com
Foto : Pexels.com Itjeher.com

Labuan Bajo telah menjadi destinasi wisata yang sangat berkembang dan meraih popularitas di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan Presiden Jokowi menetapkan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata prioritas, tak heran pemerintah sangat gencar membangun infrastruktur untuk semakin mengembangkannya.

Namun belakangan terjadi kontroversi di khalayak umum. Selain Gubernur NTT yang mengeluarkan pernyataan melarang turis miskin mendatangi Labuan Bajo, baru-baru ini salah satu situs Amerika Serikat Fodors.com memasukkan namanya sebagai destinasi yang tidak disarankan untuk dikunjungi.

Ternyata ada alasan yang sangat masuk akal di baliknya. Bukan karena semua fasilitas yang dibangun khusus hanya untuk yang memiliki uang lebih saja, tapi untuk membangun prasarana tersebut memang dibutuhkan dana yang cukup besar. Membantu bisnis masyarakat lokal sendiri jadi salah satu jalan untuk mengembangkan potensi wisata daerah dan mensejahterahkan lingkungan sekitarnya.

BACA JUGA :

Beragam Manfaat Air Jahe yang Baik Untuk Kesehatan

Dari Cotton Ink Hingga SRW Luncurkan Koleksi Eksklusif Star Wars

5 Cara Menghadapi Toxic People di Lingkungan Kerja ! 

Selain itu, Pulau Komodo sendiri dianggap memberlakukan pajak turis yang terlalu murah sehingga memungkinkan terjadinya dampak pariwisata massal. Tempat-tempat eksotis di Labuan Bajo tentu lestari karena hewan-hewan di dalamnya hidup dengan tenang dan selaras dengan alam. Bayangkan jika terjadi bombardier wisatawan besar-besaran yang kurang bertanggung jawab, tentu akan mengancam keberadaan hewan langka tersebut.

Disamping itu, sebagai salah satu UNESCO World Heritage Labuan Bajo tentu menjadi konservasi alam unik yang layak menjadi destinasi kelas dunia. Untuk menjadikannya tetap bertahan dalam jangka waktu yang panjang dibutuhkan kesadaran pada lingkungan yang tinggi hingga kegiatan wisata tak hanya bernilai seputar update konten semata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here