Menikmati Gunung Colo di Pulau Una-Una Sulawesi Tengah

0
487

Ingin liburan sambil menikmati gunung dan pulau sekaligus ? kunjungi pulau Una-Una yang berada di tengah Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-Una. bagian utara Sulawesi. Disana kamu bisa melihat langsung Gunung Colo yang merupakan gunung berapi kerucut yang pernah meletus dahsyat pada tahun 1983.

Gunung Colo bukan merupakan gunung api yang terbentuk akibat proses subduksi lempeng. Yaitu terjadi penipisan atau peregangan kerak bumi pada wilayah Teluk Tomini dan menimbulkan material magmatik yang menerobos batuan pada kerak bumi. Sehingga muncul ke permukaan dan membentuk tubuh gunung api diatas permukaan laut.

Dengan ketinggian 508 meter di atas permukaan laut, gunung ini dapat dicapai dengan waktu tempuh sekitar dua hingga tiga jam. Jalur yang dilalui merupakan jalur lahar yang dipenuhi  bebatuan vulkanik dengan beragam ukuran.

BACA JUGA :

Ini Mengapa Kamu Harus Mulai Mencoba Scuba Diving

Labuan Bajo Bukan Destinasi untuk Keperluan Konten Semata

 

View this post on Instagram

 

Looking towards NE of Pulau Unauna (part of Togean Islands), Central Sulawesi, Indonesia . From : @kelvinpang8111 ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ Ayo bantu kami dokumentasikan beribu bahkan jutaan peristiwa hari ini di Sulawesi Tengah bersama @like_touna atau gunakan #hashtag ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ Follow juga akun kami lainnya.. 😊🙏 [LIKE INDONESIA]🇮🇩 @likepalu @like_tolis @like_touna @like_luwuk @like_sigi @like_parimo @like_poso @like_donggala @like_buol @like_morowali @like_celebest @likesulawesi @like_ntb @like_jogja @like_gorontalo @like_palembang ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ [SULTENG GROUP]🇮🇩 @sulteng_news @sulteng_jbsecond @sulteng_otomotif ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ #liketouna #unauna #pulauunauna #aerialview #aerialimages #aerialphotography #djiphantom4pro #sulawesitengah

A post shared by Like Indonesia (@like_touna) on

Selepas mengunjungi Gunung Colo, para pengunjung dapat menikmati keanekaragaman wisata bahari yang ditawarkan oleh Pulau Una-una. Pulau yang juga merupakan pulau penghasil kopra dan cengkeh bagi Provinsi Sulawesi Tengah ini juga dikenal dengan keindahan bawah lautnya. Kombinasi pasir pantai di Pulau Una-una yang berwarna hitam dan putih hasil dari letusan Gunung Colo juga menambah daya tarik tersendiri dari pulau kecil satu ini.

Untuk mengunjungi Pulau Una-una dan merasakan langsung sensasi petualangan dari Gunung Colo, dapat dicapai menggunakan speedboat dari beberapa titik seperti Gorontalo, Pulau Batudaka, dan Pulau Kadidiri.

Sumber dan foto : Indonesia Kaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here