Salju Abadi di Taman Nasional Lorentz Papua

0
417
Foto : Instagram/timlaman Itjeher.com
Foto : Instagram/timlaman Itjeher.com

Negara Indonesia yang beriklim tropis ternyata memiliki daerah unik dengan salju abadi. Fenomena tersebut terdapat di Taman Nasional Lorentz atau Lorentz National Park yang terdapat di Papua.

Tak hanya salju yang mendiami puncak jaya, puncak tertinggi gunung di Asia Tenggara, ada juga pegunungan alpin yang menyimpan banyak spesies glasier langka.

Selain itu, Taman Nasional Lorentz ini juga memiliki variasi ekosistem yang sangat kaya seperti rawa, hutan dan padang rumput.

BACA JUGA :

Cukup Empat Menit Untuk Bakar Kalori Tubuh Dengan Tabata

Pengunci Bola yang Meramaikan Ornamen Interior Alice

Label SI.SE.SA dengan Koleksi Terbarunya untuk Liburan

Dengan ekosistemnya yang sangat kaya, tentu saja menjadi tempat tinggal yang ideal bagi keberagaman satwa. Taman Nasional Lorentz didiami oleh berbagai jenis hewan langka seperti burung beo pesquet yang merupakan burung endemik bukit-bukit dan gunung hutan hujan. Serta ada juga echidna yang merupakan hewan dengan moncong panjang dan cakar melengkung serta punggung yang diselimuti oleh duri.

Memiliki luas sebesar 24.864 kilometer persegi, Taman Nasional Lorentz menjadi area terbesar yang dilindungi di Asia Tenggara, dan pada tahun 1999, taman nasional ini resmi dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here