Whakaari di White Island Meletus, Kenali Peringatan Bahaya Gunung Berapi

0
352
Foto : Instagram/pangea Itjeher.com
Foto : Instagram/pangea Itjeher.com

Whakaari adalah sebutan bagi gunung berapi di White Island, Selandia Baru. Gunung berapi ini mengalami letusan pada Senin, 9 Desember 2019 hingga menyebabkan korban dari wisatawan yang sedang berkunjung untuk menikmati keindahannya.

Bencana yang dialami oleh para wisatawan ini tentu meninggalkan duka. Banyak yang mempertanyakan mengapa pengunjung diizinkan datang ke area yang seharusnya telah diprediksi berbahaya.

Whakaari di White Island ini memang menjadi destinasi wisata alam sejak dahulu. Eksis sebagai gunung berapi aktif, area di dalam gunung yang memiliki dua kawah tetap dapat diakses oleh pengunjung yang ingin menikmati fenomena berupa belerang dan asap yang dapat dilihat secara langsung.

BACA JUGA :

Film Kucumbu Tubuh Indahku akan Tampil di Oscar 2020

Zodiak Ini Selalu Percaya Akan Adanya Soulmate

Cut Mini Meraih Piala Citra Festival Film Indonesia 2019

Ada beberapa tingkatan status gunung berapi yang harus dikenali wisatawan. Di Indonesia sendiri, status ini dinamakan tingkat 1 untuk normal saat gunung berapi tidak ada letusan dan perubahan aktivitas, tingkat 2 untuk waspada saat ada aktivitas seismik akibat aktivitas magma, tektonik, hidrotermal, lalu tingkat 3 untuk siaga ketika ada peningkatan aktivitas seismik yang intensif dan berpotensi pada letusan, kemudian yang terakhir tingkat 4 untuk awas ketika gunung berapi tengah meletus.

Dalam kasus Whakaari di White Island, pada hari-hari biasa, area ini tetap menerima wisatawan walau berada dalam tingkat 2. Sedangkan sebelum terjadinya bencana, sebenarnya telah ada pemberitahuan peningkatan status menjadi tingkat 3. Hingga akhirnya letusan terjadi, status telah berubah menjadi tingkat 4, dimana yang paling tinggi adalah tingkat 5 ketika letusan besar terjadi.

Bencana ini tentu menjadi pengingat bagi wisatawan yang berencana mengunjungi destinasi dengan potensi bencana untuk benar-benar memeriksa status destinasi wisata sebelum memutuskan untuk pergi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here