Danau Labuan Cermin yang Bening dan Memiliki Dua Rasa

0
362

Buat kamu yang sedang mengunjungi kota Kalimantan, ada satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Yaitu Danau Labuan Cermin yang merupakan objek wisata air yang berlokasi di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Tempat wisata alam ini dikelola oleh masyarakat sekitar bekerja sama dengan Lembaga Masyarakat Labuan Cermin yang menaunginya. Danau ini memiliki dua rasa, asin di bagian dasar dan tawar di bagian permukaan. Dinamakan Labuan Cermin karena airnya begitu bening dan mengkilap layaknya cermin.

Untuk sampai ke Danau Labuan Cermin, dari Balikpapan menuju Kabupaten Berau, lalu Tanjung Redep. Dari Tanjung Redep dapat dilanjutkan ke Kecamatan Biduk-biduk dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Dari sini perjalanan akan berlanjut dengan mengikuti petunjuk arah menuju Danau Labuan Cermin dengan menggunakan perahu sewa.

Selain jalur air, dapat juga menggunakan jalur darat Yaitu dari kota Samarinda atau Sangatta menuju Kecamatan Biduk-biduk dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih 13 jam. Meski perjalanan cukup jauh, rasa lelah akan segera terobati begitu melihat keindahan alam yang ada di Labuan Cermin.

BACA JUGA :

Whakaari di White Island Meletus, Kenali Peringatan Bahaya Gunung Berapi

Trans Studio Bali Akan Segera Dibuka

Pemandangan di sekitarnya sangat menenangkan. Dikelilingi pepohonan rimbun yang membuat suasana sangat teduh, sehingga sangat tepat dijadikan tujuan wisata untuk sejenak melarikan diri dari keramaian yang kerap ditemui setiap hari.

Konon bupati setempat memang mengembangkan Labuan Cermin sebagai destinasi wisata diawali dengan menetapkan kawasan ini sebagai kawasan konservasi atau kawasan lindung, setelah itu akan dilengkapi sarana penunjang yang akan memudahkan pengunjung menikmati keindahan danau sejuk yang memiliki dua rasa ini.

Selain melakukan aktivitas berenang, kamu juga bisa melakukan kegiatan snorkeling dan juga menyelam. Saat menyelam, akan terlihat beberapa ikan yang berenang tidak jauh dari permukaan dan ada pula yang jauh di dasarnya. Rasa dari air yang berbeda menyebabkan ikan-ikan terpisah. Ini dapat mempermudah membedakan mana jenis ikan air tawar dan yang mana ikan air laut.

Untuk penginapan dapat didapatkan di sekitar Biduk-Biduk dengan harga penginapan yang beragam, yaitu mulai dari seratus ribu rupiah hingga tiga ratus ribu rupiah per malamnya. Atau untuk para penganut perjalanan murah/backpacking, bisa juga menginap di rumah warga di sekitar Biduk-biduk.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here