Pilihan Hotel Eco-Friendly hingga Vegan di Indonesia

Satu lagi tren di tahun 2020 yang semakin marak dan berkembang adalah eco-friendly. Tidak hanya mengurangi sampah plastik, di dunia travelling juga menjalankan program Sustainable Tourism Development.

Hal ini cukup menarik perhatian, terutama dalam pengembangan wisata dengan menerapkan konsep 3P, yaitu Planet (alam), People (masyarakat), dan Prosperity (kesejahteraan). Katanya, 3P ini pula yang jadi rumus pengembangan pariwisata terbaik supaya semakin dilestarikan dan sejahtera.

Berikut pilihan hotel yang tidak hanya ramah lingkungan namun juga vegan-friendly.

  1. Hotel Sarinbuana Eco Lodge

Hotel yang terletak di Kabupaten Tabanan, Bali, tidak hanya berlokasi di sekitar atau tengah-tengah wisata alam, namun juga mengaplikasikan unsur ramah lingkungan dalam segala aspek. Seperti penggunaan panel surya untuk memenuhi kebutuhan listrik, produk lokal organik untuk seluruh perlengkapan hotel, dan material bangunan berbasis alam (kayu, bambu, & batu). Selain itu, tamu diajak untuk ikut terlibat dalam pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) dan pelestarian lingkungan. Misalnya saja adanya tur ke hutan hujan atau mengenal hewan endemik.

BACA JUGA :

Menikmati Keindahan Pulau Jeju Tanpa Visa?

Serunya Alun- alun Kota Depok yang Jadi Tempat Baru Aktivitas Warga

  1. Melia Purosani Hotel Yogyakarta

Hotel bintang 5 yang berlokasi tepat di jantung kota Yogyakarta ini telah menerima penghargaan Green Hotel Award 2019 dari Kementerian Pariwisata Indonesia, sebagai 10 besar hotel berwawasan lingkungan terbaik di Indonesia. Hotel ini telah menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan melalui serangkaian tahap penyaringan, antara lain kebijakan dan organisasi green team, pengelolaan tapak yang ramah lingkungan, penggunaan bahan baku dan produk ramah lingkungan, penyerapan kandungan lokal, pengelolaan konservasi dan efisiensi energi, pengelolaan konservasi dan efisiensi air, pengelolaan kualitas udara dalam dan ruang, ruang bangunan, pengelolaan limbah padatan dan air, pengelolaan lahan sekitar bangunan, serta pengendalian polusi kebisingan/suara.

 

  1. Hotel Bambu Indah yang Vegan

Bambu Indah Hotel yang terletak di Banjar Baung, Ubud, merupakan salah satu resort unik yang menjadi incaran wisatawan lokal maupun mancanegara. Mengusung konsep alam, resort ini menawarkan pengalaman menginap yang tak biasa. Yang istimewa, restoran yang ada di resort ini mengusung motto “Go local or go home”. Lebih dari 95% bahan makanan berasal dari Indonesia dan juga menu pilihan vegan.  Resort ini juga mengusung konsep ramah lingkungan. Sampah hasil dapur yang masih dapat dimakan, diberikan kepada binatang ternak milik masyarakat. Sampah lain, didaur ulang dan digunakan kembali.

 

View this post on Instagram

 

Freshly harvested organic pumpkin and goat cheese salad, the perfect light and energizing lunch, daily at Bambu Indah Kitchen⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Photo by @gangkertu .⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ .⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ .⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ .⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ .⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ .⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ .⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ .⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ .⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ .⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ .⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ .⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ #bambuindah #ecoresort #explorebali #ubud #sayan #bali #sustainableliving #balinesefood #homemade #cookedwithlove #organic #farmtotable #garden #organic #local #permaculture #sun #water #love #compost #farm #table #tabletofarm #recycle #circle #upcycle

A post shared by Bambu Indah (@bambuindah) on

 

 

More Stories
Twice masuk grup paling populer di K-pop. Itjeher.com
Twice Masuk Grup K-Pop Paling Populer di 2018