Ekspresi Cinta Lewat Love Padlock

0
643

Bila dahulu mengekspresikan rasa cinta dengan mengukir nama di sebuah pohon atau batu, kini ada tradisi yang dilakukan oleh sepasang kekasih dengan sebuah gembok (terkadang dua) dengan mengunci gembok tersebut pada sebuah tempat romantis. Dipercaya dapat membuat cinta mereka terkunci dan abadi hingga akhir hayat. Cara ini dimanfaatkan oleh beberapa negara sebagai tempat wisata yang menarik dan wajib untuk dikunjungi oleh beberapa para turis sebagai tempat menggantung kunci gembok cinta mereka yang tertulis nama pasangan, anak, artis favorit, keluarga atau siapa pun.

Berikut 5 tempat di dunia yang sudah memiliki tempat khusus untuk menggantung gembok cinta atau biasa yang disebut love padlocks ini, antara lain :

  1. North Seoul Tower, Korea Selatan

N Seoul Tower, yang lebih dikenal dengan nama  Namsan Tower adalah sebuah menara observasi dan komunikasi yang terletak di gunung Namsan Seoul,  Korea Selatan. Menara setinggi 236,7 m ini merupakan landmark kota Seoul dan merupakan titik tertinggi di kota ini.

Di pagar pada dasar menara ini dipenuhi oleh gembok cinta yang menandakan rasa kasih sayang seseorang kepada kekasihnya atau siapa pun yang mereka cintai, sehingga terdapat ribuan gembok cinta yang terdapat pada semua pagar di menara ini.  Saking popularnya, pada menara ini dibuat sebuah tanda yang bertuliskan: “Sebuah Janji untuk Cinta Tiada Akhir ‘I Love You “, yang menjadi daya tarik untuk para turis berkunjung dan mengabadikannya lewat foto sebagai kenangan bahwa mereka pernah berkunjung ke tempat romantis ini.

  1. Pont des Arts, Paris

Di kota Paris yang terkenal dengan kota paling romantis di dunia tentu saja memiliki tempat khusus untuk menggantung love padlocks. Bahkan Paris memiliki 3 jembatan yang bisa dikunjungi oleh para turis dan menulis janji cinta mereka di gembok ini. Salah satu jembatan yang terkenal adalah Pont des Arts. Pont des Arts adalah jembatan khusus pejalan kaki yang melintasi sungai Seine di Paris dan menghubungkan Institute de France dan Louvre Museum. Jembatan ini dibangun antara tahun 1981-1984 dan memiliki panjang 155 m serta lebar 11 m. Memang banyak pasangan yang menulis nama atau inisial mereka di gembok dan menguncinya di pagar, lalu membuang kuncinya ke sungai. Karena dipercaya cinta mereka akan abadi.

  1. Hohenzollern Bridge, Cologne, Jerman

Sungai Rhein yang membelah Köln (Cologne) di Jerman, membangun jembatan untuk menghubungkan sisi barat dan timur. Dari tujuh jembatan yang dimiliki, Hohenzollern adalah yang paling terkenal. Letaknya yang berdekatan dengan stasiun kereta membuat fasilitas penyeberangan ini dilalui sekitar 1200 kereta setiap harinya. Meskipun getarannya cukup terasa, tidak mengurungkan masyarakat untuk berjalan kaki melalui Hohenzollern dan menikmati pemandangan Cologne. Bahkan saat berjalan di sepanjang ikon kota Köln ini, kita dapat melihat ribuan gembok yang tergantung di pagar jembatan. Gembok-gembok tersebut bukanlah gembok biasa, tetapi simbol pengharapan cinta abadi. Pada perayaan valentine biasanya banyak pasangan kekasih yang menguncikan gembok cinta mereka di sana.

Kebiasaan yang sudah berlangsung dari tahun 2008 ini telah membuat pagar sepanjang 409 meter ini penuh dengan berbagai aneka love padlock dimulai dari jenis dan bentuknya.

  1. Enoshima, Jepang

Enoshima adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Jepang dan memang terkenal sebagai salah satu tempat romantis di Jepang. Di puncak bukit pulau Enoshima in ada sebuah menara observasi dan di dekat menara observasi ini ada sebuah laut yang disebut ‘lover cove’ atau ‘teluk kekasih’. Hal ini dikarenakan pada tempat itu ada sebuah bel bagi para kekasih yang dapat dibunyikan sebagai tanda keabadian cinta mereka.Di samping bel ini ada sekumpulan love padlocks atau gembok cinta yang bertuliskan nama-nama pasangan terkait. Kamu dapat membeli gembok ini di tempat tersebut atau membawa gembok Anda sendiri.

 

  1. Taman Balai Kota, Bandung

Di Indonesia pun terdapat beberapa tempat untuk menggantung gembok cinta ini. Salah satu yang terkenal ada di kota Bandung tepatnya beradi di Taman Balai Kota area Babakan Cimis, Bandung. Berbentuk prisma berkerangka besi dan berukuran 2,5 x 2 meter, tempat menggantung  gembok cinta ini diresmikan langsung oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil pada tahun 2014. Menurut Ridwan Kamil, instalasi ini diberi nama ‘Gembok Cinta’ yang mengadopsi bangunan-bangunan yang memiliki konsep serupa yang sudah ada di beberapa negara seperti di Pont de l’Archeveche, Paris, Perancis; Huangshan, China; Namsan Tower, Korea Selatan; Jembatan Luzhkov, Moskow, Russia; dan Cologne, Jerman. Yang membedakan Gembok Cinta di Balai Kota Bandung dan Gembok Cinta di tempat lainnya adalah lampu warna-warni yang menghiasi di malam hari.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here