Gili Lawa, Pintu Gerbang Surga Taman Nasional Komodo

0
521

Lanskap berbukit dan laut dengan gradasi biru cerah sangat iconic dan identik dengan Indonesia bagian timur, salah satunya di Nusa Tenggara. Yang terkenal di Nusa Tenggara adalah Taman Nasional (TN) Komodo yang merupakan world heritage site. TN Komodo terletak di Pulau Komodo yaitu sebelah barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai Pulau Komodo, kita harus menggunakan kapal dari Labuan Bajo atau kapal dari Pulau Lombok dengan sailing trip.

Jika kita datang dari arah barat, sebelum memasukin area TN Komodo, akan melewati sebuah pintu masuk alami yang sangat indah, yaitu Gili Lawa, ada juga yang menyebutnya Gili Laba. Dua buah daratan menjulur ke arah laut berbentuk seperti sebuah gerbang.  Kapal akan berlabuh di pantai ini dan kita bebas memilih untuk sekedar menikmati pantai atau naik ke puncak bukit.

Untuk para diver, perairan sekitar Gili Lawa adalah lokasi terbaik untuk menyelam. Arus di sini cukup kencang, namun ikan dan terumbu karangnya sangat indah. Untuk kita yang ingin trekking (berjalan kaki) ke atas bukit, pastikan membawa cukup minum dan menggunakan pakaian senyaman mungkin. Cukup terjal dan memakan waktu sekitar 30 menit dari tepi pantai untuk sampai di salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan. Ada sebuah lokasi yang cukup datar di punggung bukit, dari sini kita bisa melihat pulau-pulau kecil di sekitar Gili Lawa, termasuk Pulau Komodo. Waktu terbaik ke sini adalah pagi dan sore hari ketika matahari tidak terlalu terik. Gili Lawa juga menjadi alternatif tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit dan terbenam.

Gili Lawa

Dari Gili Lawa, kita bisa menuju ke Pulau Komodo untuk melihat si reptil tertua. Tidak sulit menemukan komodo di sini, mereka berjalan-jalan santai di lahan terbuka. Setiap rombongan harus ditemani oleh ranger yang membawa kayu bercabang.  Komodo sangat peka denga bau darah, jika sedang haid (datang bulan untuk perempuan) sebaiknya lapor ke ranger sehingga mendapat pengawasan ekstra. Sekedar tips, jangan membuat gerakan tiba-tiba apalagi berlari di dekat komodo karena mereka sangat sensitif. Selain itu, kamera atau tas diusahakan tidak tergantung dan bergoyang karena akan menarik perhatian komodo ke arah kita. Lebih baik menggunakan alas kaki yang nyaman karena akan ada jalur ke atas perbukitan untuk melihat laut sekitar Pulau Komodo dari atas bukit.

Komodo

Dengan sedikit perjuangan trekking ke atas bukit, baik di Gili Lawa maupun Pulau Komodo, kita bisa mendapatkan pemandangan yang luar biasa indah. Yuk, jadikan lokasi ini menjadi destinasi liburan kamu selanjutnya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here