Kuat Puasa saat Liburan ke Luar Negeri

0
792

Liburan ke luar negeri tak jadi halangan untuk kamu tetap berpuasa. Apalagi ketika bulan puasa, banyak promo menarik tiket pesawat yang lebih murah. Tentu saja, karena permintaan lebih rendah sehingga harga pun tak semahal biasanya.

Memang banyak yang ragu terbang ke negara yang memiliki waktu berpuasa lebih panjang daripada Indonesia. Kebanyakan menyerah dan memilih tidak puasa dengan alasan sedang menjadi ‘musafir’.

Padahal, kamu bisa tetap kuat berpuasa saat berlibur, ini caranya!

  1. Cari tahu waktu berpuasa

Indonesia biasanya memiliki 13 jam waktu berpuasa, namun banyak negara lain yang memiliki waktu lebih lama atau bahkan lebih cepat. Misalnya 16 jam untuk Amerika Serikat, Jepang dan Cina, 18 jam untuk Inggris dan Kazakhstan, Bahkan 20 jam jika kamu ingin berjalan-jalan ke Rusia. Dengan mengetahui waktu berpuasa termasuk waktu sahur, solat 5 waktu dan berbuka, kamu bisa menyesuaikan segala kegiatan berlibur dengan waktu beribadah.

  1. Kunjungi daerah dengan penduduk muslim

Ketika berlibur ke beberapa negara, selalu ada daerah yang ramah muslim. Daerah seperti kampung Arab di suatu negara adalah tujuan wisata yang biasanya berpenduduk muslim dan banyak menyediakan restoran makanan halal untuk berbuka. Jika menginap di daerah ini kamu pasti bisa lebih mudah menemukan tempat makan yang buka ketika sahur dan ketika berbuka. Di Korea misalnya, ada daerah Itaewon yang memiliki banyak masjid untuk shalat.

  1. Jalan-jalan di dalam ruangan

Hindari melakukan aktifitas liburan yang terlalu berat seperti naik gunung atau berjalan jauh di bawah sinar matahari panas. Akan lebih baik kamu memilih tempat wisata yang berada di dalam ruangan seperti Museum, Galeri, atau pusat perbelanjaan. Jika ingin beraktifitas di luar ruangan, taman kota adalah tempat yang nyaman untuk bersantai.

  1. Perbanyak aktifitas malam

Di siang hari, tak perlu memaksakan harus mengunjungi banyak destinasi. Atur agar jadwal lebih padat di malam harinya. Kamu bisa mulai berwisata kuliner di malam hari, dan cari tahu objek-objek wisata yang buka di malam hari seperti pasar malam. Apalagi jika tempat yang kamu kunjungi ramah muslim, kamu jadi lebih bisa mempelajari budaya muslim yang berpuasa di luar negeri.

  1. Konsumsi makanan penuh nutrisi

Agar kuat berpuasa, bukan jumlah makanan sahur yang harus diperbanyak, tapi nutrisi yang harus dicukupkan. Jangan lupa konsumsi multi vitamin, dan pilih makanan yang bisa menambah energi seperti jus buah dan madu. Hindari konsumsi tepung yang membuat kenyang sesaat, seperti pada mi instan. Lalu karena kamu tak ingin dehidrasi ketika siang tiba, selalu persiapkan puasa dengan minum banyak air putih selama sahur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here