Simak Ini, Fakta Unik Pesawat Terbang yang Jarang Diketahui

0
763

Pesawat terbang telah berevolusi dari masa ke masa. Tapi sebagai penumpang pesawat, jarang sekali kita mengetahui fakta-fakta yang penting maupun unik, mengenai pesawat terbang.

Apalagi jika kamu senang traveling, banyak sekali pengetahuan tentang pesawat terbang yang wajib diketahui.

Apa saja fakta-fakta tersebut? Berikut paparannya.

  1. Pesawat terbang dirancang untuk menahan sambaran petir

Pernah merasa khawatir ketika bepergian naik pesawat dalam keadaan hujan badai penuh petir? Tenang saja, ternyata pesawat dirancang mampu menahan sambaran petir. Bahkan, pesawat sering sekali disambar petir minimal sekali dalam setahun.

  1. Tidak ada kursi paling aman di pesawat

Menurut Federal Aviation Administration, tidak ada posisi kursi yang paling aman di pesawat. Namun, studi yang dilakukan oleh TIME menemukan bahwa kursi tengah di bagian belakang pesawat memiliki risiko kerusakan fatal paling rendah.

  1. Di beberapa pesawat memiliki kamar rahasia untuk kru pesawat

Dalam penerbangan panjang, kru pesawat dapat bekerja lebih dari 16 jam sehari. Untuk mengatasi kelelahan, beberapa pesawat seperti Boeing 777 memiliki kamar tidur kecil untuk beristirahat. Ruangan ini biasanya berada di atas tangga tersembunyi yang mengarah ke kamar berisi 6 hingga 10 tempat tidur dan kamar mandi.

  1. Kenapa petugas meredupkan lampu saat mau mendarat?

Biasanya saat pesawat malam ingin mendarat, kru pesawat akan meredupkan lampu di dalam kabin, kenapa? Untuk hal tak terduga seperti pesawat tidak berhasil mendarat dengan sempurna dan penumpang harus evakuasi, mata mereka telah terbiasa dengan keadaan cahaya yang gelap. Sama halnya ketika pramugari menyuruh penumpang membuka jendela saat ingin mendarat, agar penumpang dapat melihat keadaan di luar pesawat untuk kepentingan evakuasi.

  1. Kenapa terdapat lubang kecil di jendela pesawat?

Lubang tersebut berfungsi untuk mengatur tekanan di dalam kabin. Kebanyakan jendela pesawat terbuat dari tiga panel akrilik. Lapisan paling luar bekerja untuk melindungi pesawat. Jika gangguan terjadi pada panel paling luar, lapisan panel ke dua berfungsi sebagai cadangan. Lubang kecil di panel paling dalam bekerja mengatur tekanan udara sehingga panel di tengah tetap utuh dan bekerja dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here