Keindahan Sumba Timur Seperti Di Afrika

0
1612

Apa yang anda bayangkan jika mendengar kata Sumba? Penelitian dilakukan kepada 439 orang dan 50% terbayang tentang sabana dan kuda ketika mendengar Sumba. Jika kalian pernah menonton film Pendekar Tongkat Emas, pasti tahu padang sabana dan kuda-kuda di Sumba Timur. Selain itu, juga terdapat bukit warinding yang sangat indah dengan pemandangan rumput hijau yang luas. Tertarik untuk mengunjungi Sumba Timur? Berikut destinasi lokasi yang wajib kamu kunjungi disana.

  1. Purukambera

Jika berkunjung ke Sumba Timur maka kamu harus menyempatkan untuk menyaksikan keindahan alam Purukambera. Udara yang segar dan savana yang membentang menjadi panorama yang sangat luar biasa. Selain itu, kamu juga akan bertemu dengan kuda sandel yang merupakan kuda yang berasal dari Pulau Sumba. Di bulan Juli 2017 ini akan diadakan Parade 1000 Kuda dan Festival Tenun Ikat di Sumba Timur sebagai bagian dari promosi pariwisata Sumba oleh Kementrian Pariwisata. Kuda dan sapi peliharaan warga dilepas di padang sabana Sumba Timur dan menjadi pemandangan menarik. Purukambera salah satu daerah dengan padang sabana yang luas menjadi tempat mencari makan dan berteduh hewan-hewan ini.  Jika dilihat dari jalan utama, padang sabana ini berbatasan langsung dengan laut.

  1. Bukit Wairinding

Sumba Timur memiliki padang sabana yang khas. Di musim hujan padang sabana Sumba berwarna hijau dan akan berubah menjadi coklat keemasan di musim kemarau. Sumba memiliki musim kemarau yang cukup panjang. Musim hujan terjadi sekitar bulan November  – Januari. Salah satu tempat yang iconic di Sumba Timur adalah Wairinding, padang sabana berbukit-bukit. Disini kamu dapat melihat keindahan matahari terbit dan tenggelam yang dipadu dengan langit biru serta rumput hijau.

  1. Pantai Tarimbang

Terletak di Kecamatan Tabundung, Sumba Timur, pantai ini akan memberikan nuansa yang unik. Air yang berwarna biru bening, pasir putih serta tebing-tebing besar menjadikan Pantai Tarimbang sangat cocok untuk menjadi tempat rehat dari rutinitas yang sangat padat.

Tidak perlu khawatir dengan transportasi di Sumba Timur. Wilayah yang beribuka di Waingapu ini sudah cukup maju, sudah terdapat pilihan penginapan dan penyewaan mobil, namun harga sewa lebih mahal dibandingkan pulau lain. Sumba Timur juga memiliki bandar udara sendiri, yaitu Bandar Udara Umbu Mehang Kunda. Saat ini belum ada penerbangan langsung dari Jakarta, sehingga harus transit di Denpasar ataupun Kupang. Akses jalan utama di Sumba Timur pun sudah beraspal sehingga tidak sulit mencapai Wairinding dan Purukambera.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here