Membelah Pulau Seram Menuju Ora

0
863

Mungkin belum banyak yang memilih Pantai Ora sebagai destinasi liburan. Pantai yang satu ini terkenal dengan lautnya yang jernih. Dari dermaga bisa terlihat jelas terumbu karang jika sedang surut. Tidak perlu berenang jauh untuk snorkeling, karena karang dan ikan yang indah tersedia hanya dalam jarak beberapa meter dari bibir pantai.

Perjalanan 12 jam dari Jakarta akan terbayar ketika sampai di Pantai Ora. Cukup melelahkan jika tidak terbiasa menempuh perjalanan seperti ini. Penerbangan ditempuh selama 5,5 jam karena ada perbedaan waktu antara WIB dan WIT. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan mobil selama 1 jam menuju Pelabuhan Tulehu di Ambon. Dilanjutkan dengan kapal cepat menuju Pelabuhan Amahai di Pulau Seram selama 3 jam.

Karang Ora

Perjalanan belum selesai. Setibanya di Pulau Seram menuju ke Masohi, sebuah kota besar di pulau ini. Kemudian dilanjutkan lagi dengan perjalanan darat sekitar 3 jam menuju Desa Saleman. 3 jam perjalanan ini seperti membelah Pulau Seram dari selatan ke utara melewati Taman Nasional Manusela. Dari Desa Saleman ke Pantai Ora ditempuh menggunakan perahu selama 15 menit.

Jika sudah puas menikmati keindahan bawah laut di Pantai Ora, ada spot snorkeling lainnya, yaitu Tebing Hatu Pia. Tidak kalah indah dengan spot sebelumnya. Terumbu karang dan ikan di sini lebih bervariasi karena lautnya lebih dalam. Cukup dengan snorkeling, keindahan laut timur Indonesia ini sudah bisa dinikmati. Salah satu spot iconic yang ada di sekitar Tebing Hatu Pia adalah gazebo di tengah laut.

Underwater

Setelah puas bermain di dalam air, jika ingin perjalanan yang lebih menantang bisa dilanjutkan dengan trekking di Tebing Hatu Pahu-Pahu. Trekking memerlukan waktu sekitar 15-20 menit sampai di sebuah pondok. Di sini terlihat jelas hamparan terumbu karang jika sedang cerah. Tidak jauh dari sini terdapat mata air Belanda yang bisa menjadi alternatif destinasi selama berwisata di sekitar Ora.

Walaupun letaknya jauh dari kota besar, namun beberapa penginapan sudah tersedia di sana. Ora Resort adalah penginapan yang persis berada di Pantai Ora. Jika ingin menginap di sini, harus melakukan booking  beberapa bulan sebelumnya. Alternatif penginapan lainnya berada di Desa Sawai yang tidak terlalu jauh dari Pantai Ora.

Tertarik membelah Pulau Seram dan bermain di Pantai Ora?  Masukan dalam destinasi liburan kamu yuk…

Tebing Hatu Pia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here