Cara Mendukung Pariwisata Berkelanjutan

0
1217

Indonesia beserta keindahan alam, kekayaan budaya dan keterbukaan masyarakat terhadap pengunjung dari luar menjadi satu paket wisata yang jadi tujuan berlibur. Pariwisata di Indonesia memang jadi aset penting untuk mengembangkan ekonomi kawasan. Namun jangan sampai salah sasaran, pengelolaan yang baik seharusnya menghasilkan pariwisata berkelanjutan.

Pariwisata berkelanjutan menjadi konsep ideal yang memberi arah bagi pengembangan pariwisata Indonesia. Konsep ini menghasilkan keseimbangan antara aspek sosial budaya, ekonomi dan lingkungan.

Pariwisata berkelanjutan bukan tugas pemerintah daerah saja. Tak hanya jika berkunjung ke suatu daerah di Indonesia, kamu wajib jadi wisatawan yang bertanggung jawab.  Jika tinggal di daerah yang berpotensi dikembangkan sebagai tempat wisata pun, jadilah bagian dari pembangunan itu. Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mendukung pariwisata berkelanjutan?

  1. Tanggap Pembangunan

Seberapa sering kamu tidak peduli dengan pembangunan yang mengganggu di lingkungan sekitar demi tujuan wisata? Jadilah masyarakat yang ikut mengawasi perubahan di lingkungan tempat tinggal. Sebuah destinasi wisata harusnya membuat masyarakat sekelilingnya juga merasa bahagia secara sosial budaya dan penduduk sekitar tidak tersingkir karena pembangunan tersebut.

  1. Ramah Lingkungan

Eco Tourism jadi salah satu konsep yang harus dipegang dari pariwisata berkelanjutan. Sebagai wisatawan, kamu wajib peduli dengan lingkungan sekitar dan menghormati daerah konservasi dan perlindungan daerah alam serta budaya tradisional. Datang beramai-ramai dengan banyak teman lalu meninggalkan banyak sampah setelah pulang ke tempat asal bukan tindakan yang bijak. Jika kamu berpikir ketika berwisata lebih praktis menggunakan segala sesuatu yang sekali pakai dan segera membuangnya agar praktis, sekarang pikir lagi! Kamu justru harus menahan diri dua kali lipat lebih besar untuk meninggalkan sampah di daerah wisata.

  1. Membaur di Desa Wisata

Di Indonesia cukup banyak desa wisata dengan lingkungan tinggal alami yang dihuni oleh masyarakat setempat untuk dijadikan objek wisata. Walau telah banyak fasilitas seperti penginapan yang memberi kenyamanan bagi pengunjung, berbagai restoran dan arena aktifitas alam untuk dicoba, bukan berarti kamu hadir hanya sebagai turis belaka. Berikan tambahan nilai pada tiap kunjungan dengan mengenal budaya dan masyarakatnya lebih jauh. Datangi tempat-tempat dimana warga lokal berkumpul, dan lebih baik hindari menggunakan pakaian yang sangat mencolok dan terlihat jauh berbeda. Menjadi sederhana di tempat wisata akan membuat kamu lebih dihargai dan tidak mengintimidasi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here